Polda Maluku Salurkan Bantuan Sembako dan Obat-Obatan, Kepada Masyarakat Korban Gempa di Kecamatan Salahutu-Malteng

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Musibah gempa bumi 6,8 skala likert yang mengguncang Maluku, pada Kamis (26/9/2019) membuat trauma yang begitu mendalam bagi masyarakat Maluku, khususnya masyarakat Kota Ambon.

Olehnya itu sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap musibah bencana alam gempa bumi yang dirasakan oleh masyarakat, Kepolisian Daerah Maluku, mengirimkan bantuan sembako untuk korban gempa di Desa Tulehu dan Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Malteng, Jumat (27/9/2019).

Sebelum mengirimkan bantuan sembako, terlebih dahulu diadakannya apel luar biasa yang dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa, yang dihadiri Waka Polda Maluku, para PJU dan seluruh Personel Polda Maluku yang dilaksanakan di Lapangan Letkol Pol (Purn) Chr Tahapary Tantui Ambon.

Penyaluran bantuan sembako, kepada masyarakat yang berada ditenda-tenda pengungsian dilokasi wilayah Maluku Tengah tepatnya di Desa Tulehu dan Desa Waai, karena warga masyarakat sudah terlebih dahulu mengungsi ke daerah pegunungan sesuai informasi yang diberikan oleh masyarakat setempat.

Dampak gempa bumi yang terjadi membuat beberapa bangunan roboh sehingga masyarakat yang bermukim disekitar pesisir pantai memilih mengungsi ke daerah perbukitan atau dataran yang lebih tinggi untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi tsunami.

Selain sembako, Polda Maluku juga mengirimkan Tim Kesehatan untuk mengecek langsung kondisi para pengungsi, karena di tempat pengungsian terdapat anak-anak dan lansia,mereka bermalam dibawah tenda dan membawa perbekalan makan minum seadanya dan sangat minimnya air bersih.

Personel juga menghimbau masyarakat yang berada di pengungsian untuk menjaga kesehatan, meningkatkan kewaspadaan serta melihat kondisi tempat tinggal mereka agar tidak ada yang menggunakan kesempatan tersebut untuk melakukan pencurian atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga bantuan yang diberikan Polda Maluku bisa sedikit meringankan beban masyarakat selama berada di tempat pengungsian. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *