Tips Keselamatan Dan Antisipasi Kejahatan, Satlantas Polresta Barelang Kepada Masyarakat Kota Batam

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Antisipasi terjadi kecelakaan lalu lintas serta tindakan kejahatan yang sering terjadi dilingkungan masyarakat saat pelaksanaan arus mudik lebaran maupun Idul Fitri,

“Peduli dengan keselamatan masyarakat Kota Batam, saat melaksanakan libur lebaran dan perayaan Idul Fitri, menjadi perhatian serius dari pihak Polresta Barelang. Himbauan dan tips untuk menyelamatkan nyawa para pemudik digalahkan dan disampaikan secara langsung oleh Satuan Lalu Lintas Polresta Barelang, melalui video maupun pemasangan spanduk  beberapa wilayah Kota Batam,”ungkap Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Puttu Bayu Patti,S.IK, yang ditemui CakraNEWS.ID diruangan kerjanya, Jumat (31/5/2019).

Tips-tips keselamatan saat melakukan mudik Lebaran dan Idul Fitri, berupa gunakan Helm standar saat berkendaraan untuk keselamatan diri dan orang lain. Kemas barang yang rapi, bawa seperlunya saja, cek kondisi kendaraan dan service jika perlu komponen-komponen yang perlu diperharikan adalah sistem rem, Kaburator, mesin, sistem kelistrikan, oli, siapkan Ban serep dan peralatan pendukung lainnya,seperti dongkrak,kunci-kunci, kotak P3K serta pastrikan BBM terisi penuh.

Baca Juga:Polresta Barelang Siapkan 11 Pos Pengamanan dan 12 Pos Pantau, Ops Ketupat Seligi 2019 di Kota Batam

Selain perlengkapan kendaraan saat melakukan arus mudik dan liburan lebaran maupun Idul Fitri, Tips rumah aman saat mudik lebaran berupa, kunci semua pintu dan jendela rumah. Bila perlu pasang pengamanan rangkap pada bagian yang sering menjadi incaran penjahat seperti lemari,kamar tidur dan pintu bagian belakang. Dan jangan meninggalkan kunci,seperti kunci motor dan lemari di rumah.

Sebelum melangkah meninggalkan rumah, tidak lupa matikan semua perangkat elektronik yang tidak diperlukan,cabut kabel dan stop kontak.

Jangan lupa mencabut selang regulator dari tabung gas dan kompor untuk menghindari kebocoran gas. Selain itu pula bila meninggalkan rumah perlu dipasang lampu otomatis yang telah dilengkapi rangkaian elektronik sehingga akan dapat menyala pada malam hari dan pada siang hari akan mati dengan sendirinya.

Tidak lupa, sebelum meninggalkan rumah dalam keaadaan kosong, harus pula dilaporkan kepergian kepada Ketua RT/RW dan tetangga terdekat serta jangan lupa titipkan nomor HP yang dapat di hubungi.

Antisipasi tindakan kejahatanan saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong,masyarakat jangan menyimpan barang berharga di lemari, sebaiknya dititipkan pada jasa penitipan,untuk kendaraan dititipkan di kantor Polisi terdekat.

“Selain itu,untuk keselamatan saat mengendarai kendaraan baik motor maupun mobil, para pengendara hendaknya, tidak melebihi kapasitas penumpang dan muatan, periksa kesiapan dan kelayakan kendaraan,pastikan dokumen kendaraan dan diri, sudah bersama dengan anda. Selalu gunakan sabuk keselamatan, tetap konsentrasi selama mengemudi, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku  serta jangan memaksa mengemudi, bila lelah dan mengantuk, serta istrirahat setiap 4 jam perjalanan,” Ucapnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *