13 Casis Lolos Tes Psikologi SIPSS Polda Maluku

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Setelah dinyatakan lolos tes kesehatan oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Maluku, 14 Casis SIPSS kembali melanjutkan pemeriksaan psikologi Sabtu (30/1/2021). Tes psikologi yang dilakukan Bagian Psikologi Biro SDM Polda Maluku hari ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

“Tes kali ini melibatkan pengawas eksternal yang berasal dari perwakilan Himpunan psikologi Maluku, LSM Tifa Damai Maluku dan media cetak,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat.

Untuk pengawas internal, kata Rum, melibatkan Bidang Propam Polda Maluku dan Itwasda Maluku. Di mana, sebelum melaksanakan pemeriksaan psikologi, para Casis terlebih dahulu melaksanakan apel pengecekan dan arahan.

“Arahan diberikan tentang tata cara dan mekanisme aturan serta ketaatan terhadap protokol kesehatan saat mengikuti pemeriksaan psikologi yang disampaikan oleh Kompol Tukul S.Psi, pejabat sementara Kabag Psikologi Biro SDM Polda Maluku,” terangnya.

Selain itu, dalam pemeriksaan kali ini, Irwasda Maluku Kombes Pol Raden Heru Prakoso, juga melakukan pengecekan lokasi pemeriksaan psikologi para casis secara langsung.

“Pengecekan dilakukan agar untuk memastikan proses pemeriksaan psikologi dapat berjalan dengan lancar sesuai ketentuan dan prosedur yang sudah di tetapkan,” terangnya.

Menurutnya, pengumuman hasil tes akan disampaikan langsung kepada para casis SIPSS setelah pemeriksaan selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

“Pemeriksaan psikologi casis SIPSS ini di laksanakan secara online dan serentak di seluruh Indonesia dengan menggunakan fasilitas komputer yang sudah tersambung secara online dengan SSDM Mabes Polri,” terangnya.

Roem mengatakan, dari 14 orang Calon Siswa (Casis) Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), Pemantauan Daerah (Panda) Polda Maluku, hanya satu orang yang dinyatakan tidak memenuhi kriteria. Sementara 13 lainnya lolos ke tahap berikutnya.

“Dari hasil pemeriksaan psikologi tersebut, terdapat seorang casis wanita yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Sementara para casis yang dinyatakan memenuhi syarat langsung menandatangani daftar nilai masing-masing yang sudah di print,” kata juru bicara Polda Maluku ini.

Sebelumnya Biro SDM Polda Maluku beberapa waktu lalu membuka penerimaan calon Perwira Polri Sumber Sarjana. Dari penerimaan yang dibuka Biro SDM, total 34 orng pendaftar diterima sesuai persyaratan dan ketentuan yang sudah ditetapkan Mabes Polri.

Pada pemeriksaan administrasi awal hingga seleksi kesehatan tahap pertama, 20 peserta orang casis dinyatakan tidak lulus karna memiliki masalah pada berkas administrasi dan kekurangan pada kesehatan mereka. Hingga selesai pelaksanaan tes kesehatan tahap pertama 14 orang casis yang terdiri dari 8 casis pria dan 6 casis wanita dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pemeriksaan psikologi hari ini. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *