Site icon Cakra News

23 Juni Mendatang, Gubernur Lepas Keberangkatan CJH Maluku

Ambon,CakraNEWS.ID-494 calon jemaah haji (cjh) Provinsi Maluku yang terbagi dalam kloter 9 dan 10 siap diberangkatkan menuju tanah suci Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji, setelah 2 tahun tertunda keberangkatan akibat pandemi covid-19.

Hal ini disampaikan Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, S.Ag., M.Pd.I melalui interview persiapan keberangkatan haji di Maluku secara live lewat laman Facebook dan Kanal YouTube Tribun Ambon.

“Persiapan keberangkatan haji saat ini kami sampaikan bahwa seluruh cjh dari 11 kabupaten/kota telah melakukan pelunasan BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji) tahun 1443 H/2022 M, ungkap Ka.Kanwil di Ambon, Selasa (31/5/2022).

Ka.Kanwil menyebut, persyaratan keberangkatan cjh berupa vaksin booster dan miningitis juga telah dipenuhi hampir semua jemaah.

“Vaksin merupakan syarat utama dari keberangkatan haji tahun ini. Maka pada saat keberangkatan, persyaratan ini sudah terpenuhi bagi seluruh calon jemaah haji,” terangnya.

Selanjutnya Ka.Kanwil meminta seluruh jemaah Maluku untuk tetap menjaga kesehatan jelang keberangkatan haji.

“Saya perlu sampaikan, bahwa di Saudi sedang musim panas. Tim Kemenag saat meninjau kesiapan haji di Arab Saudi menginformasikan temperatur di sana kurang lebih 40 – 44 derajat celcius,” ungkapnya.

“Sementara menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius,” imbuhnya.

Ka.Kanwil berharap seluruh jemaah mulai mempersiapkan diri dengan kondisi tersebut. Salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan.

“Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrim, suhu udara yang ekstrim,” ujar Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil juga berharap semua jemaah memiliki kesiapan fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah haji.

“Setidaknya untuk melaksanakan semua proses ibadah dari awal sampai akhir. Itu pesan saya. Persiapkan fisik sebaik-baiknya dan mental tentu saja,” pesan Ka.Kanwil.

Selain itu, Ka.Kanwil mengingatkan jemaah tetap mematuhi protokol kesehatan sejak dari tanah air sampai di Arab Saudi. Dipastikan kesuksesan haji tahun ini akan menentukan penyelenggaraan proses ibadah haji berjalan normal di tahun mendatang.

“Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi, dan jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan” tandasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan rilis keberangkatan yang diterima media ini, jadwal pemberangkatan haji akan diawali dengan masuknya seluruh cjh ke Asrama Haji Waiheru Ambon pada 21 Juni 2022. Selanjutnya pada tanggal 23 Juni 2022, cjh dilepas keberangkatan oleh Gubernur Maluku.

Pada tanggal 24 Juni 2022, seluruh CJH diberangkatkan dari Kota Ambon dan memasuki embarkasi haji Makassar, Sulawesi Selatan. Selanjutnya di tanggal 25 Juni 2022, seluruh cjh diterbangkan dari tanah air menuju Arab Saudi dengan menggunakan maskapai penerbangan.*** CNI-02

Exit mobile version