Ada Perwakilan Maluku, Ratusan  Pengusaha Event Organizer Cetus Lima Rekomendasi di Rakernas II Bali

Adventorial Berita Pilihan Lintas Nusantara News

Bali, CakraNEWS.ID-FORUM Backstagers Indonesia (FBI) melaksanakan agenda Rapat Kerja Nasional Rakernas II yang berlangsung di FourPoint Hotel Bali, 7-9 Maret 2023.

Turut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Bali diwakili asisten bidang ekonomi Dr. I Wayan Serinah S.Sos,MSI dan Ketua DPP FBI Sofyan Nasution dan pengurus DPP serta DPD dari 14 Provinsi se-Indonesia.

Dalam agenda tersebut, hadir perwakilan Maluku sebagai pengurus DPD persiapan, Oshien calon ketua DPD Maluku dari perusahan Daffa Enterprise.

Kepada Wartawan melalui pers rilis Jumat (10/03), dijelaskan, Rakernas II FBI kali berhasil merumuskan program kerja FBI dan rekomendasi strategis  buat pemerintah dalam menunjang percepatan dan perkembangan ekosistem industri event di tanah air.

Ketua Umum FBI Sofyan Nasution dan didampingi Sekretaris Umum Shafig Lontoh menyampaikan apresiasi atas kehadiran peserta dari seluruh penjuru Indonesia yang berjumlah lebih dari seratusan pengurus dan anggota FBI.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Gubernur Bali dan yang mewakili, atas dukungan penuh pelaksanaan Rakernas II FBI,” ujar Sofyan.

Dia melanjutkan, antusiasme pengurus dan anggota FBI sangat tinggi dalam keberhasilan Rakernas di Bali, mengingat tujuan dan harapan besar dalam dunia industri event dan kreatif menjadi tekad bersama para pengusaha event seindonesia.

“Seluruh ketua DPD telah melaporkan dan memberikan pandangan umum mengenai hambatan dan perkembangan industri event didaerah masing-masing,” katanya.

Lanjut katanya, berbagai macam permasalahan akhirnya muncul ke permukaan dan telah menjadi isu nasional dan menjadi tugas bersama baik FBI, pemerintah, instansi terkait dan stake holder lainnya untuk melakukan langkah perbaikan.

“Peserta Rakernas dengan semangat membangun memikirkan sebuah solusi dan merumuskan bersama serta akan kita jadikan sebuah rekomendasi yang nantinya akan dibawa ke Pemerintah Pusat, Provinsi masing-masing,” jelasnya.

Terkait hasil rekomendasi ini, terdapat point penting sesuai dengan harapan dan pernyataan yang dikeluarkan oleh Presiden RI Jokowi mengenai kemudahan penyelenggaraan event dalam menunjang kemajuan dan perkembangan ekonomi nasional.

“FBI sangat mendukung semua program serta instruksi bapak Presiden Jokowi dalam mewujudkan penciptaan tenaga kerja lokal yang produktif dan akan meningkatkan perekonomian nasional dan daerah,” tegasnya.

Sebagaimana keputusan atas rekomendasi tersebut, terdapat lima butir yang dibuat antara lain :

  1. Kemudahan, percepatan Perijinan dan Standarisasi Biaya Pengamanan Kepolisian pada industri event.
  2. Penertiban tenaga kerja asing ilegal yang terlibat di industri event.
  3. Pemerintah dan DPR-RI / DPRD wajib melibatkan Asosiasi Pengusaha Event dalam perumusan aturan, UU, Perda industri event.
  4. Menurunkan Pajak Porporasi Tiket Pertunjukan menjadi 10%.
  5. Keterbukaan Pengadaan Lelang Pemerintah Pusat dan Daerah bidang jasa penyelenggaraan acara.**** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *