Aksi Sosial Perayaan HUT RI Ke-76, Polda Maluku Bagikan Paket Bantuan Untuk Mahasiswa Papua Di Kota Ambon

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Semarak periangatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-76, tanggal 17 Agustus, dirayakan oleh Kepolisian Daerah Maluku, dengan melakukan aksi sosial berupa pembagian puluhan paket sembako, masker, handsanitizer dan anakan tanaman umur panjang dan pendek kepada mahasiswa asal Papua yang berada di Kota Ambon.

Pembagian paket bantuan kepada mahasiswa asal Papua di Kota Ambon tersebut, berlangsung di Kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Kawasan Desa Halong Kecamatan Bagula, Ambon, Selasa (17/8/2021).

Sebanyak 30 paket bantuan diserahkan kepada mahasiswa Papua yang sementara mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi IAKN, Unpatti, dan UKIM di Ambon.

Wakil Rektor III bidang kemahasiswa IAKN Ambon, Dr Agus Gasperzs, mengapresiasi Polda Maluku yang telah memberikan kepedulian penuh kepada mahasiswa Papua dan Papua Barat di Kota Ambon.

“Kepedulian yang sangat luar biasa dari Polda Maluku, bagi mereka (mahasiswa Papua-Papua Barat), khususnya di kampus IAKN, maupun di Kota Ambon. Apalagi dalam konteks Pandemi saat ini. Disamping itu juga momentum HUT Kemerdekaan,” katanya.

Agus mengakui, saat ini kedua Provinsi tersebut sementara lockdown sehingga akses komunikasi antara mahasiswa dengan keluarga mereka agak mengalami kesulitan.

“Nah kehadiran Polda Maluku untuk mereka ini, bisa sedikit membantu sekaligus meringankan beban hidup mereka di Kota Ambon. Kita apresiasi betul kegiatan ini disamping meningkatkan rasa cinta mereka terhadap NKRI,” pungkasnya.

Selain membagikan paketan bantuan di IAKN Ambon, Polda Maluku juga memberikan bantuan anakan tanaman umur pendek dan umur panjang kepada mahasiswa Papua di asrama putra dan putri Kampus Unpatti di Kawasan Poka, Kecamatan Teluk Ambon.

Secara simbolis anakan tanaman diserahkan kepada Kepala Asrama Putri  Syiane Matatula, Dosen FISIP, dan mahasiswa papua di asrama putra Mathias Andarek, dan mahasiswi Nadia Sagaz.

“Tanaman umur panjang berupa anakan rambutan binjai, tanaman umur pendek berupa bibit cili, terong, tomat dan pepaya,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Rum Ohoirat.

Juru bicara Polda Maluku ini mengaku kegiatan sosial yang dilakukan hari ini sebagai bentuk kepedulian pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 tahun.

“Kita sama-sama membangun rasa cinta Tanah Air untuk mereka di momentum HUT Kemerdekaan. Sekaligus wujud kepedulian kita terhadap mereka yang ada di Kota Ambon,” kata Rum.

Menurutnya, kegiatan pembagian bantuan juga untuk menunjukan kepada publik bahwa keberadaan mahasiswa Papua di Kota Ambon sangat aman dan nyaman.

“Kita tunjukan bahwa adik-adik kita dari Papua yang berada Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon, merupakan keluarga kita,” tegasnya.

Dikatakan, hingga saat ini mahasiswa Papua yang masih berada di Kota Ambon tidak sampai ratusan, sebab banyak dari mereka yang sudah kembali ke daerah masing-masing pasca liburan semester kemarin.

“Mereka di Ambon banyak, tapi karena libur semester dan sebagian diantara mereka sudah kembali. Jadi yang kita berikan ini khusus bagi mereka yang ada di Ambon,” tandasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *