Akui Pentingnya Pendidikan Non Formal, Samanery Apresiasi Pemuda Iha Kampanyekan Literasi

Lintas Nusantara News Pendidikan

Piru, CakraNEWS.ID– USAI menggelar syukuran empat tahun berkarya sekaligus perayaan malam tahun Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, dukungan kepada pemuda kreatif yang tergabung dalam volountir Taman Baca Masyarakat (TBM) terus mengalir.

Sebagaimana yang datang dari salah Sekretaris komisi III DPRD Yanto Samanery, Sabtu (22/08).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu berjanji akan mengawal pemuda kreatif wabil-khusus yang tengah berproses di Rumah Inspirasi Iha Kulur untuk kampanye Literasi dan kepustakaan.

Mantan Guru Honrer ini lebih melihat efek postif terhadap gerakan literasi pemuda menggenjot pendidikan formal.

Disinggung perihal keterlibatan Yanto dalam kelompok penggiat Literasi itu, ia mengakui kalau sudah sangat familiar dengan para pengurusnya.

Pasalnya, Yanto pernah memberikan fasilitas belajar anak berupa puluhan meja mini Yang diperuntukan untuk memudahkan aktivitas anak-anak membaca buku.

“Ia saya berikan waktu itu. Saya terinspirasi melihat gerakan pemuda disana. Dulu saya juga lahir dari rahim gerakan seperti mereka.”

“Sebenarnya tidak perlu ditanyakan lagi. Karena yang kami berikan belum seberapa dan tentu tidak sebanding. Kami akan berupaya sebisa mungkin meringankan beban pengurus TBM itu,” timpal Yanto menghalau pertanyaan wartawan.

Yanto menyadari dirinya belum banyak berbuat kepada masyarakat di dapilnya. Namun hal-hal urgen serta kebutuhan paling utama dikalangan masyarakat terutama di Huamual selalu diperhatikan.

Yanto menegaskan, dalam rangka menyelamatkan generasi dalam dunia pendidikan ditengah gencarnya teknologi ialah pendidikan non formal. Salah satunya Tan Baca Masyarakat (TBM).

Ini kata dia, guna menjaga nilai nilai akdemis tingkat dasar ketika pelajar sudah selesai jam pelajaran di pendidikan formal.

Untuk itu, dirinya berjanji akan mengawal Rumah Inspirasi Iha agar tetap survival dalam gerakan literasi. Dengan begitu, diharapkan ada TBM – TBM lainnya yang tumbuh di setiap desa maupun dusun.

“Saya sebelumnya menyampaikan selamat 4 tahun berkarya kepada adik-adik saya di Rumah Inspirasi. Saya ingin pastikan, mereka tidak berjuang sendiri,” pungkasnya.*** RUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *