Antisipasi Virus Corona, Kapolda Bersama Waka Polda dan PJU POlda Maluku Jalani Pemeriksaan Panas Tubuh

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Langkah preemtive, deteksi dini penularan virus corona (Covid-19), dilakukan Kapolda Maluku Irjen Pol, Baharudin Djafar bersama Brigjen Pol Teguh Sarwono dan Para Pejabat Utama Polda Maluku melalui pemeriksaan panas tubuh menggunakan  termal scanner yang berlangsung di ruang transit lapangan Letkol C.H Tahapary Tantui, Senin (16/3/2020).

Kapolda mengatakan, saat ini kita harus fokuskan untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sehingga tidak mudah untuk terkena virus mematikan itu.

“Kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal yang sangat utama dalam mencegah virus tersebut. Jangan sampai kita lalai untuk menjaga kebersihan dan stamina tubuh kita,” kata Kapolda, sesaat sebelum pemeriksaan panas tubuh tersebut.

Orang nomor satu di Polda Maluku ini juga memerintahkan, seluruh personilnya untuk rutin mengecek dan mamantau kesehatan tubuhnya.

“Mari kita cegah penyebaran virus itu selain dengan menjaga kebersihan kita juga harus rutin mengecek kondisi kesehatan kita,” imbuh jenderal polisi bintang dua ini.

Alumnus Akpol 1986 itu menambahkan, perintah dan  himbauan dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis  sudah sangat  jelas untuk dilaksanakan oleh seluruh jajaran kepolisian termasuk  di Polda Maluku.

“Menyediakan alat pengukur suhu tubuh di setiap pintu masuk gedung/kantor dan melakukan pengecekan suhu tubuh setiap orang yang masuk serta berkoordinasi dengan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat bila ditemukan adanya orang yang dicurigai (suspect) terpapar virus corona,”paparnya.

Kemudian, Menyediakan cairan antiseptik (hand sanitizer/sabun cuci tangan) dan mewajibkan setiap anggota secara berkala mencuci tangannya. Selalu menggunakan penutup mulut terutama saat batuk maupun bersin dan segera buang ke tempat sampah, membersihkan barang-barang yang sering tersentuh banyak orang/rentan terkontaminasi.

Membiasakan atau menjadikan protap dalam memberi atau menerima salam tidak melakukan kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, cium pipi kanan-kiri, dan bentuk kontak fisik lainnya. Sebagai contoh salaman yang dianjurkan tanpa kontak fisik salam dengan menyatukan telapak tangan di depan dada, salam dengan menyentuh dada kiri dengan tangan kanan, hormat sesuai pud.

Agar satker atau satwil menyiapkan rencana kontingensi dalam mengantisipasi perkembangan penyebaran virus COVID-19 dan melakukan pelatihan berdasarkan protokol WHO. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *