Antisipatif Penularan Covid-19, Bupati KKP Bersama Tim Gugas Siapkan Ruangan Isolasi Tambahan Bagi ODP Dan PDP

Pemerintahan

CakraNEWS.ID- Langkah antisipatif penanganan wabah virus covid-19 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, disikap oleh Bupati KKP, Petrus Fatlolon bersama tim Gugus Tugas (GUGAS) Penanganan Covid-19, dengan menyiapkan ruangan isolasi tambahan  di beberapa rawat inap puskesmas yang ada di Kabupaten tersebut.

Langkah tersebut, dilakukan oleh Bupati Kepulauan Tanimbar bersama Dinas Kesehatan dan instansi terkait dengan melakukan peninjauan ke Rawat Inap Puskesmas Lorulun yang akan disiapkan sebagai tempat isolasi tambahan bagi “ODP yang bergejala” dan “PDP yang tidak membutuhkan peralatan khusus.”,  pada Senin (30/3/2020)

Ditemui Wartawan dilokasi peninjauan rawat inap Puskesmas Lorulun, Bupati Kepulauan Tanimbar, mengatakan penyiapan ruang isolasi tambahan di rawat inap Puskesmas Lorulun adalah untuk mengantisipasi keterbatasan ruang isolasi di RSUD dr.P.P.Magrety Saumlaki yang tidak dapat menampung pasien dalam jumlah yang banyak dan lebih difokuskan ke pasien dengan kondisi tertentu yang membutuhkan peralatan khusus.

“Puskesmas Lorulun disiapkan untuk ruang isolasi tambahan dengan mempertimbangkan ketersediaan fasilitas dan jangkauan dengan RSUD dr. P. P. Magrety Saumlaki sebagai RS Rujukan Covid-19. Rawat Inap Puskesmas Lorulun akan segera dilengkapi dengan fasilitas isolasi juga penambahan tenaga medis,”tutur Fatlolon.

Fatlolon mengtatakan, untuk penempatan pasien pada ruang isolasi juga akan dilakukan sesuai hasil screening/pemeriksaan Tim Medis di RSUD dr. P. P. Magretty, dimana telah tersedia Tim Dokter khusus covid-19 yang terdiri dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Radiologi dan Spesialis Anastesi yang dibantu oleh Dokter Umum dan tenaga medis lainnya.

Selama Rawat Inap Puskesmas Lorulun dimanfaatkan sebagai tempat isolasi, tentunya pelayanan kesehatan lainnya di Kecamatan Wertamrian dialihkan ke Pustu/Poskesdes dan apabila ada pasien yang harus menjalani rawat inap maka akan dirujuk ke RSUD dr. P.P. Magrety Saumlaki,” Ucapnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *