Apel Bersama Lanud Pattimura, Kapolda Maluku Ajak Tingkatkan Soliditas Dan Kekompakan

Militer

Maluku,CakraNEWS.ID- Perkuat soliditas dan kekompakan TNI dan Polri di Maluku, dilakukan Polda Maluku dengan menggelar apel bersama Lanud Pattimura Ambon. Apel bersama yang dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, ini digelar di lapangan Upacara Lanud Pattimura, Kota Ambon, Rabu (9/11/2022).

Apel bersama dihadiri Komandan Lanud Pattimura, Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, beserta para pejabat utama Polda Maluku dan Lanud Pattimura Ambon, serta para personil dari dua angkatan bersenjata itu.

Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam arahannya pertama-tama menyampaikan banyak terima kasih kepada Danlanud Patimura beserta staf. Di mana pada pagi hari ini dilaksanakan apel bersama yang bertujuan untuk memupuk sinergitas antara TNI dan Polri.

Irjen Latif mengatakan, apel bersama yang digelar merupakan lanjutan dari apel sinergitas dan soliditas TNI-Polri pada bulan lalu. Di mana diawali oleh Pangdam XVI/Patimura dalam apel yang digelar di Mako Polda Maluku.

“Pada saat itu para Komandan Satuan TNI-Polri di Maluku bersepakat untuk bergiliran melaksanakan apel bersama gabungan TNI dan Polri sebagai wujud sinergitas dan soliditas sekaligus sebagai wujud silaturahmi antar satuan,” kata Irjen Latif.

Kapolda mengungkapkan, Kapolri dan Panglima TNI dalam pertemuan di Bali kemarin mengaku saat ini sedang dilaksanakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. KTT melibatkan seluruh unsur baik TNI dan Polri beserta seluruh instansi terkait.

“Dan salah satu arahan walau pun kita tidak di Bali seluruh satuan-satuan TNI dan Polri di Indonesia khususnya yang memiliki Bandara dan Pelabuhan untuk juga kita melakukan siaga stand by on call,” jelasnya.

Irjen Latif mengaku kehadirannya di sini bersama Danlanud Pattimura merupakan wujud dari bentuk sinergitas TNI-Polri. Sehingga sinergitas tidak hanya ditampilkan melalui spanduk atau baliho, tetapi benar-benar terlaksana sebagai keluarga besar TNI – Polri,  sebagai alat negara, alat pemerintahan.

“Kita semua telah memiliki profesi baik sebagai anggota TNI maupun sebagai anggota Polri. Yang membedakan hanyalah atribut kita yang membedakan adalah seragam kita. Tetapi kita semua memilih bahwa kita menjaga negara Kesatuan Republik Indonesia ini, menjaga keamanannya, menjaga kedaulatannya dengan Tupoksi masing-masing,” jelasnya.

Menurut Kapolda, negara Indonesia masih berdiri sampai saat ini karena masih kokoh berdirinya dan tegaknya TNI – POLRI dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Banyak orang berharap agar kekuatan TNI dan Polri terus bersatu demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Melalui sejarah panjang Republik ini bahwa TNI – Polri memiliki peran penting dan strategis sampai saat ini untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Kapolda mengaku pada setiap kesempatan dirinya bersama Pangdam Patimura beserta para Komandan Satuan TNI berharap agar seluruh anggota baik TNI – Polri terus menjaga soliditas dan sinergitas.

“Kita tingkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi sebagai suatu keluarga besar TNI Polri,” ujarnya.

Ia berharap setiap ada persoalan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya, dan komunikasi serta koordinasi menuju kebaikan terus ditingkatkan.

“Dengan komunikasi dan koordinasi yang efektif maka akan lebih memudahkan kita dalam menghadapi persoalan. Karena kita menganggap suatu keluarga besar baik itu TNI maupun Polri dan faktanya memang demikian. Ada yang TNI istrinya polisi, ada yang istrinya TNI suaminya Polisi, kita tidak bisa mengelak dari takdir yang telah ditentukan kepada kita,” pintanya.

Olehnya itu, Kapolda mengajak agar TNI dan Polri tetap solid, serta tidak mudah terprovokasi oleh kelompok-kelompok dan kepentingan-kepentingan tertentu.

“Mari kita hindari egoisme sektoral setiap ada persoalan pasti bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya tentu dengan koordinasi, dengan komunikasi,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Irjen Latif juga mengaku bangga dengan TNI AU. Ia mengaku peran dan tupoksi TNI AU dalam menjaga angkasa sangat luar biasa.

“Saya pribadi mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Danlanud beserta seluruh stafnya yang selama ini juga saya rasakan sangat bersinergi dan berkoordinasi dengan kepolisian khususnya Polda Maluku. Banyak kegiatan iven iven baik itu tingkat nasional maupun tingkat daerah yang bisa kita laksanakan dan berhasil bersama-sama,” jelasnya.

Di akhir arahannya, Kapolda Maluku kembali mengajak TNI dan Polri agar terus menjaga kekompakan, soliditas dan sinergitas. Terus kembangkan rasa kekeluargaan, saling asih, saling asuh dan saling mengingatkan.

“Harapan saya dengan apel sinergitas TNI Polri saat ini mari kita tingkatkan semangat kekeluargaan ini. Profesionalisme tetap kita jaga, tupoksi, kita jaga masing-maaing agar selalu tetap bersinergi kita solid dalam menjaga keamanan menjaga Kamtibmas dan menjaga kedaulatan Republik Indonesia ini,” pungkasnya.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *