Site icon Cakra News

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Siwalima 2018,Ciptakan Kamseltibcarlantas

Ambon,Maluku- Mewujudkan keamanan dan ketertiban keselamatan (Kamseltibcarlantas) serta meningkatkan kesadaran berlalu lintas untuk meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan berlalu lintas, disikapi oleh Koorps Kepolisian Lalu Lintas RI (Korlantas Polri), dengan menggelar Operasi Zebra tahun 2018, secara serentak di seluruh Kepolisian Daerah yang ada di Indonesia.

Tindak lanjut dari Operasi Zebra tahun 2018, dengan sandi kedaerahan Operasi Zebra Siwalima, dilakukan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Maluku dengan menggelar apel gelar pasukan Operasi Zebra Siwalima 2018,yang dipimpin langsung oleh Waka Polda Maluku, Brigjen Po, DR, Akhmad Wiyagus, S.I.K, M.Si, M.M, selaku Inspektur Upacara,  bertempat di lapangan  Sekilah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku Passo, Ambon, Selasa (30/10/2018)

Selaku Perwira Upacara AKBP W.Wattimena (Kasudit Min Regiden) dan Komandan Upacara Kompol, Y. Parinussa (Pamen Dit Lantas Polda Maluku). Turut hadir dalam apel gelar tersebut yaitu, Kasdam XVI Pattimura, Dan Lantamal IX Ambon, Dan Lanud Pattimura Ambon, Kepala Jasaraharja Cab. Ambon, Para Pejabat Utama Polda Maluku dan Kodam XVI Pattimura.

Kakor Lantas Polri, Irjen Pol. Drs. Refdi Andi, M.Si,dalam amanatnya yang dibacakan Waka Polda Maluku, mengatakan apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka mengawali pelaksanaan operasi zebra 2018 yang akan digelar mulai tanggal 30 Oktober  2018 sampai 12 november 2018 di seluruh Polda.

“Operasi Zebra tahun 2018, selain sebagai langkah Korlantas Polri guna mewujudkan Kamsel tibcarlantas yang lebih baik, operasi ini juga dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi operasi lilin tahun 2018 dalam rangka pengamanan natal 2018 dan tahun baru 2019. Operasi ini juga diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu, meningkatnya disiplin masyarakat, meminimalisir pelanggaran, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan dan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri,”ungkap Waka Polda Maluku,mengutip amant Kakorlantas Polri

Kakor Lantas juga menekankan, arahan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas, utamakan keselamatan, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, tunjukkan bahwa saudara adalah Polantas yang profesional.

Kepada para atasan agar laksanakan pengawasan secara berlapis dan berjenjang sehingga operasi kepolisian tidak dicederai oleh tindakan yang tidak terpuji.

Perlu disadari pelaksanaan operasi ini berada rentang waktu pentahapan pemilu Presiden & Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kab. Kota, oleh karena itu tindakan selektif prioritas harus benar-benar dipahami oleh semua personel, sehingga tidak terjadi sesuatu yang bertentangan dengan tujuan operasi.

“ Untuk Kasetops, pada semua struktur operasi agar menginformasikan kepada semua Kementrian lembaga, Pimpinan Politik, unsur yang berada pada pemerintahan daerah serta semua elemen masyarakat. Skaligus meminta dukungan mereka untuk selalu berkontribusi positif dalam hal Kamsel tibcarlantas dan dalam pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan agar melibatkan Pom TNI dalam rangka perkuatan unsur pelaksana operasi sekaligus akan dapat meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan,”tutur Kakorlantas. (CNI-01)

Exit mobile version