Audensi Bersama Kasdam XVI/Pattimura, BAWASLU Maluku Bahas Dukungan TNI Pada Pengamanan Pilkada 2020 Di 4 Kabupaten

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Audensi membahas pelaksanaan pengamanan Pilkada di Maluku sekaligus pengenalan diri, dilakukan Bawaslu Provinsi Maluku saat mengunjungi Kodam XVI/Pattimura.

Dalam kunjungan ke Kodam XVI/Pattimura tersebut, Ketua Bawaslu bersama tim, diterima Pangdam XVI/Pattimura, yang diwakili oleh Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Gabriel, bertempat di ruang tamu Kasdam XVI/Pattimura, Makodam, Kamis (2/7/2020).

Turut hadir mendampingi Kasdam XVI/Pattimura, Asintel Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf CBD. Andries, Aster Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Arm Hendro Agus Suseno dan Waka Pendam XVI/Pattimura Letkol Kav Bambang Sugiyarta.

“Maksud audiensi ini adalah selain untuk bersilatuhrami dan saling memperkenalkan diri, Bawaslu Provinsi Maluku juga memerlukan sinergi dengan Kodam XVI/ Pattimura dalam pelaksanaan pesta demokrasi

Ketua Bawaslu Provinsi Maluku menuturkan, pelaskanaan Pilkada serentak tahun 2020 yang berlangsung di 4 Kabupaten,diantara Maluku Barat Daya (MBD), Seram Bagian Timur (SBT), Kepulauan Aru dan Buru Selatan, direncanakan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2020, tentunya memerlukan sinergitas dari TNI-Polri dalam pengamanan-nya.

Ketua Bawaslu juga menyinggung tentang Lounching Pengawasan Pemilu Provinsi Maluku di kantor Odmil Tantui. Pada tanggal 7 Juli 2020 mendatang.

Menanggapi hal itu, Kasdam XVI/Pattimura mengungkapkan, sinergi dan koordinasi antara Bawaslu dengan jajaran TNI sangat perlu demi Pilkada 2020 yang aman dan damai.

“Pengalaman sebelumnya bahwa pelaksanaan Pilkada di Provinsi Maluku berjalan dengan aman, itu semua berkat adanya sinergi yang baik antara Bawaslu dengan TNI-Polri,” tutur Kasdam XVI/Pattimura

Kasdam XVI/Pattimura sangat menyambut baik kunjungan Bawaslu Provinsi Maluku ini dan sangat mendukung segala upaya pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Maluku.

“Walaupun ditengah Pandemi Covid-19, Kami siap membantu dan bersinergi dengan Bawaslu Provinsi Maluku, jaga koordinasi dan silaturahmi agar Pilkada mendatang terselenggara dengan aman dan lancar,” kata Kasdam.

Terkait netralitas TNI, Kasdam XVI/Pattimura juga menegaskan bahwa dalam penyelenggaraan Pilkada 2020, Pangdam XVI/Pattimura sesuai dengan arahan Panglima TNI telah menginstruksikan agar semua TNI netral dan tidak berpihak .

“Tidak usah kuatir, kami bisa menjamin bahwa jajaran kami tidak berpihak, jika ada yang melanggar silahkan jalin komunikasi dengan kami dan tolong berikan kami info yang benar dan tepat” ucap Kasdam.

Terakhir, Kasdam berpesan, Bawaslu harus jadi contoh pelaksanaan protokol kesehatan bagi masyarakat guna menghadapi pesta demokrasi. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *