Bakamla RI Sambangi Kapal USCG Cutter Stratton, Di Pelabuhan Batu Ampar-Kota Batam

Militer

Kepri,CakraNEWS.ID- Sejumlah perwira Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) menghabiskan akhir pekan yang berkualitas pada sesi official visit diatas Kapal United States Coast Guard (USCG) Cutter Stratton, di Dermaga Utara Batu Ampar, Sabtu (10/8/2019).

Informasi yang dihimpun CakraNEWS.ID, dari Humas Bakamla RI, Minggu (11/8/2019) mengatakan, rombongan Bakamla RI/IDNCG yang dipimpin Komandan KN Tanjung Datu 301 Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono,SH,M.Si (Han), M.Mar, ini mendapat kesempatan berkeliling dan mengenal kapal Stratton lebih dekat. Rombongan Bakamla RI dipandu langsung oleh Capt. Bob Little ke setiap bagian kapal.

Saat melewati lorong menuju anjungan,rombongan mendapatkan sedikit histori tentang nama Kapal Stratton yang rupanya diadopsi dari nama Kapten Kapal Coast Guard Dorothy C.Stratton. Saat berada di anjungan, rombongan melihat sistem kontrol, sistem telepon, dan kemudi yang mana dikatakan segala sesuatu beroperasi secara elektronik.

Selain itu, rombongan juga ditunjukkan decontamination room, boat deck, heli deck, dan emergency room yang berfungsi untuk mengontrol kebakaran atau banjir dengan sistem yang update dan sudah terintegrasi.

Pada saat yang bersamaan dengan kegiatan official visit, puluhan kru dari dua kapal saling berkunjung. Sebanyak 50 kru USCGC Stratton berkunjung ke KN Tanjung Datu diterima oleh KKM Tanjung Datu Letkol Bakamla Maswir. Demikian pula sebaliknya, puluhan personel Bakamla RI berkunjung ke Kapal Stratton.

Adapun kunjungan kehormatan Bakamla RI ke kapal USCG Cutter Stratton adalah dalam rangka mematangkan rencana boarding exercise dan sekaligus penyerahan plakat dari Bakamla kepada Komandan Stratton. Turut serta dalam kunjungan yaitu Letkol Bakamla Hananto dan Letkol Bakamla Raka Momon beserta creuw Tanjung Datu. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *