Berantas Peredaran Narkoba, Polda Kepri Dan Jajaran Ringkus 334 Tersangka Dan Sita Ratusan Kilogram Narkoba

Hukum & Kriminal

Kepri,CakraNEWS.ID- Komitmen Polda Kepri dan jajaran untuk memberantas peredaran gelap dan penyalah gunaan narkotika diwilayah Kepulauan Riau dibuktikan dengan menangkap puluhan tersangka.

Hal tersebut diungkapkan Wakapolda Kepri Brigjen Pol Rudi Pranoto saat memimpin konferensi pers ungkap kasus Tindak Pidana narkotika di wilayah hukum Polda Kepri dan Polresta/Ta jajaran periode bulan Agustus 2022 yang digelar di Lobby Mapolda Kepri, Pada Jumat (26/8/2022).

Wakapolda Kepri menyebut bahwa sejak awal Polda Kepri telah berkomitmen untuk menindak tegas pelaku peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika di wilayah Kepulauan Riau.

Sepanjang tahun 2022 Polda Kepri berhasil menggagalkan peredaran narkotika dengan jumlah barang bukti sabu sebanyak : 125,93 Kg, ganja sebanyak 15,65 Kg, ekstasi sebanyak : 5.053,5 butir dan kokain sebanyak 50,6 Kg.

“Barang bukti narkotika tersebut merupakan hasil sitaan dari 234 kasus yang telah diungkap, dengan jumlah tersangka sebanyak 334 orang,”ucap Wakapolda Kepri

Rudi menjelaskan, selama bulan Agustus 2022, Polda Kepri dan jajaran Polresta/Polres menangani 34 kasus, dengan jumlah pelaku sebanyak 54 orang, terdiri dari 50 tersangka laki-laki dan 4 orang tersangka wanita.

“Sebagian besar motif pelaku melakukan penyalahgunaan narkotika adalah karena tuntutan ekonomi. Dari 54 orang tersangka tersebut, Polda Kepri dan Jajaran berhasil mengamankan barang bukti narkotika jenis kokain sebanyak 50,6 Kg dan yang sudah dimusnahkan sebanyak 48,5 Kg,” Ucapnya

Rudi mengatakan, untuk pengungkapan kasus narkotika jenis kokain, diungkap oleh Polres Anambas pada bulan Juli 2022.

“Terhadap temuan tersebut dilakukan pengembangan oleh Ditresnarkoba Polda Kepri, Satres Narkoba Polresta Barelang dan Polres Anambas,”Ucapnya.

Rudi mengatakan, dari hasil pengembangan, telah diamankan 5 orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Dari kelima orang tersebut disita barang bukti kokain sebanyak 2,1 Kg dan barang bukti lain berupa HP sebanyak 4 unit yang digunakan tersangka sebagai alat komunikasi dalam mengedarkan narkotika.

“Kelima orang tersangka saat ini dalam proses penyidikan Ditresnarkoba Polda Kepri dan Satres Narkoba Polresta Barelang,”Ucapnya.

Rudi mengatakan, selain pengungkapan terhadap temuan kokain di Anambas, Polda Kepri dan jajaran juga melakukan pengungkapan narkotika lainnya dengan barang bukti yaitu narkotika jenis sabu sebanyak 577,27 gram (lima ratus tujuh puluh tujuh koma dua puluh tujuh), narkotika jenis ganja 36,897 Kg, narkotika jenis ekstasi 4.390 butir dan sudah dimusnahkan serta HP 28 unit, motor 10 unit, mobil 1 unit dan timbangan digital 3 unit.

Adapun pasal yang dipersangkakan kepada para tersangka yang terlibat dalam peredaran gelap narkotika adalah Pasal 114, Pasal 112, Pasal 111, Pasal 132 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika ancaman hukuman maksimal hukuman mati, atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara paling lama 20 tahun dan paling singkat 6 tahun.

“Upaya yang telah dilakukan Polda Kepri dan Jajaran merupakan bentuk keseriusan dalam menindak tegas pelaku peredaran gelap dan penyalah gunaan narkotika yang merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara,” tutup Wakapolda Kepri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *