Berkunjung Ke Wilayah Hukum Polres Malteng, Kapolda Maluku Jalankan Tiga Agenda Penting

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID-Tiga agenda penting, dilakukan oleh Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol, Refdi Andri, saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah hukum Polres Maluku Tengah.

Dalam kunjungan ke wilayah hukum Polres Malteng,pada Selasa (6/4/2021) selain meresmikan secara langsung Polsek Telutih, Kapolda Maluku juga mengresmikan Baileo Presisi  serta aplikasi Nusa Ina, yang dimilik oleh Polres Malteng.

“Saya merasa bahagia dan bangga dengan apa yang dilakukan Polres Maluku Tengah. kegiatan yang didesain ini berjalan sekali dalam satu tempat. Saya sebut ini Three In One Plus. Three In One itu Pengukuhan Polsek Telutih, Peresmian Baileo Presisi atau ruang pelayanan terpadu dan launching aplikasi pelayanan yang dinamakan aplikasi Nusa Ina. Plusnya, itu  pemberian penghargaan kepada Bripka Irawan yang telah mengabdikan diri selain dalam tugas utama, tapi sudah berceramah dan jadi imam pada 168 Masjid. Ini lampaui tugas dan luar bisa” kata Refdi.

Mantan Kakorlantas Polri itu, juga mengapresiasi warga Laimu, Kecamatan Laimu, Maluku Tengah yang telah menghibahkan tanah untuk dibangunkan Kantor Polsek Telutih.

“Pengukuhan Polsek Telutih, sebagai Polsek yang baru dan Kapolseknya sudah dilantik dan tersedia personil. Tanah warga dihibahkan kepada kami adalah penghargaan masyarakat untuk dibangun Polsek guna pelayanan masyarakat, pelayanan penegakan hukum, dan tegakan keadilan. Ini bentuk kecintaan warga terhadap institusi Polri,” tandasnya.

Ia berharap masyarakat tetap dukung Polri dan TNI dalam menjamin kamtibmas dan mendukung pelayanan terbaik bagi masyarakat yang dilakukan Polres Maluku Tengah yang dipimpin AKBP Rositah Umasugi.

Kapolda mengakui, terlaksananya tiga momen penting ini sebagai wujud nyata dari komitmen Polri dalam hal ini Polda Maluku khususnya Polres Malteng. Komitmen itu untuk melakukan transformasi menuju Polri yang Presisi guna meningkatkan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat.

Perkembangan lingkungan strategis yang terjadi akhir-akhir ini, kata Refdi, sangat berimplikasi pada meningkatnya tantangan tugas Polri.

Untuk menyesuaikan kebutuhan dan menjawab dinamika yang ada, perlu dilakukan penataan organisasi melalui prinsip tata kelola lembaga yang baik dan bersih.

“Salah satu upaya Polri adalah dengan melakukan reformasi struktural, instrumental dan kultural sejak tahun 2008,” katanya.

Pengukuhan Polsek Telutih, kata Refdi, telah melewati proses verifikasi dan studi kelayakan untuk memastikan telah terpenuhinya kriteria dan persyaratan meliputi perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan Kamtibmas serta kecenderungannya, kesiapan jumlah personel riil, maupun dukungan masyarakat dan pemerintahan daerah setempat.

“Pengukuhan Polsek Telutih juga membawa konsekuensi pada penambahan jumlah personel Polri secara kuantitas. Hal ini hendaknya dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya personil Polri, yang nanti ditempatkan di Polsek Telutih,” terangnya.

Refdi mengaku, pimpinan Polri terus berupaya melakukan perubahan fundamental ditubuh Polri. Ini terbukti melalui penetapan 16 program prioritas Kapolri, dalam melakukan transformasi menuju Polri yang Presisi.

Mantan Kakorlantas Polri ini berharap, dengan dikukuhkannya Polsek Telutih, peresmian gedung Baileo Presisi dan launching Aplikasi Nusa Ina, dapat membawa perubahan yang positif bagi Polres Malteng dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Hal ini jangan hanya menjadi seremonial belaka, namun harus benar-benar memberi nilai manfaat bagi masyarakat luas. Terima kasih dan apresiasi setingi-tingginya kepada pemerintah kabupaten, khususnya Bupati Malteng dan semua stakeholder,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Malteng H. Abua Tuasikal mengatakan, peran Polri dalam Presisi merupakan harapan masyarakat. Sehingga pengukuhan Polsek Telutih, peresmian gedung Bileo Presisi dan launching aplikasi Nusa Ina patut diberikan apresiasi.

“Secara umum situasi pembangunan di kabupaten Malteng berjalan aman dan lancar dan itu tidak terlepas dari sinergitas, dukungan dan kerjasama antar semua instansi,” kata dia.

Abua berharap kerjasama ini dapat terus ditingkatkan agar bersama membangun daerah ini. “Terimakasih atas perhatian bapak Kapolda Maluku untuk kabupaten Maluku Tengah,” tandasnya.

Sedangkan Kapolres Malteng AKBP Rositah berharap, dengan pengukuhan Polsek Telutih, pelayanan publik terpadu satu atap Baileo Presisi dan aplikasi Nusa Ina dapat meningkatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat diwilayah hukum Polres Malteng.

“Harapan kami terhadap partisipasi dan dukungan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat di kabupaten dapat bersinergi dengan Polres Malteng untuk menciptakan Kamitbmas yang kondusif,”Harapnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *