Bunda Relly Ketua TP PKK MBD Resmikan 4 Kampung KB di Pulau Kisar

Adventorial News

Tiakur, CakraNEWS ID– Pembentukan Kampung Keluarga di wilayah Maluku Barat Daya (MBD) terus digalakan. Setelah Kecamatan Pulau Babar, Kecamatan Letti dan Kecamatan Pulau Moa, ada lagi 3 Desa di Kecamatan Kisar Selatan dan 1 Desa di Kecamatan Kisar Utara diresmikan pembentukan Kampung KB oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK, Bunda Relly A. Noach.

Kampung KB merupakan Inovasi strategi dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera.

Ketua TP. PKK Relly A. Noach dalam sambutannya menjelaskan kehadiran kampung keluarga berkualitas bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup di tingkat desa melalui program kependudukan serta pembangunan di sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Tiga hal pokok yang menjadi syarat dapat dibentuknya kampung keluarga berkualitas dalam satu wilayah yakni tersedianya data kependudukan secara akurat, Adanya dukungan dan komitmen dari Pemerintah serta partisipasi aktif dari masyarakat setempat,” ungkap Relly.

Pembentukan kampung keluarga berkualitas lanjut Relly, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi, serta meningkatkan ketahanan keluarga melalui program bina keluarga balita, bina keluarga lansia dan pasangan usia pinggiran.

Relly menegaskan, Keluarga merupakan pilar utama dalam pembangunan sehingga menjadi tantangan adalah bagaimana kita menjaga setiap anggota keluarga dalam keadaan sehat, terlebih selama masa pandemi covid-19.

“Untuk itu dirinya mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari semua pihak agar kampung keluarga yang berkualitas dapat berjalan dengan baik dan sukses,” jelasnya.

Selaku Ketua TP PKK kata dia, pihaknya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat karena berpartisipasi dan mendukung program pemerintah melalui program kampung keluarga berkualitas.

“Harapan saya, kampung keluarga yang telah dibentuk dapat ditindaklanjuti dengan kerja nyata dari pemerintah desa setempat untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya,” pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui, rentetan peresmian itu digelar pada Sabtu (4/6/2022) di Desa Nomaha dan Desa Abusur serta Selasa (7/6/2022) di Desa Wonreli dan Desa Lekloor.

kampung KB yang terbentuk di Kecamatan Kisar Utara adalah Kampung KB Desa Nomaha, dan Kampung KB di Kecamatan Kisar Selatan adalah Kampung KB Desa Abusur, Kampung KB Desa Wonreli dan Kampung KB Desa Lekloor.*** CNI- 06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *