Bupati MBD Serahkan BLT Tahap I, Kepada 187 KK Di Desa Klis Kecamatan Moa

Pemerintahan

MBD,CakraNEWS.ID- Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach, menyerahkan bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama bagi 187 kepala keluarga (KK), yang  ada di Desa Klis, Kecamatan Moa, Kabupaten MBD, bertempat di balai desa Klis Jumat (29/5/2020).

“Kita harus bersyukur walaupun dalam situasi pandemi Covid-19 ini Tuhan masih memberikan kesempatan hidup untuk kita yang mendiami Kabupaten MBD yang hari ini belum terkontaminasi Virus Corona. Ini bukan sebuah kehebatan dan kekuatan kita tapi ini karena kasih Tuhan semata-mata bagi kita semua sehingga kita patut Naikan syukur kepada Tuhan,”tutur Bupati MBD.

Noach menuturkan, akibat mewabahnya pandemi Covid-19, yang menyebar di seluruh dunia, mengakibatkan semua sektor terganggu, baik dari segi ekonomi maupun kehidupan seosial.

“ Menularnya wabah Covid-19, yang terjadi di seluruh dunia, mengakibatkan banyak lini sektor yang terhambat akibat  Covid-19. Semisal yang terjadi dalam kehidupan sosial kita, mau bepergian kemana-mana saja susah bahkan untuk memperoleh bahan makanan yang masuk MBD juga susah tidak selancar sebelum adanya virus Corona. Olehnya itu melalui pemberian BLT dari Pemkab ini dapat membantu kehidupan ekonomi sosial  yang terjadi di masyarakat,” ungkap Bupati MBD.

“Sebelum virus corona banyak produk banyak bantuan yang sudah di serahkan kepada masyarakat. Saya selaku Bupati MBD, juga sudah pernah ke desa Klis untuk memberikan bantuan baik itu PKH maupun bantuan lain. Tetapi dalam kondisi yang serba sulit ini pemerintah juga memberikan ruang kepada kepala desa untuk membantu memberikan bantuan langsung tunai (BLT-DD) hanya kepada saudara- saudara yang belum pernah menyentuh bantuan yang lain seperti BLT, PKH maupun bentuk produk bantuan- bantuan lainnya yang kebetulan datanya tidak tercatat ini betul-betul akan kita jaga,” tambah Bupati MBD.

Dikesempatan yang sama kepala desa Klis, Yosias Kliwa, dalam laporan pertanggung jawabkannya mengatakan,  secara keseluruhan dana desa yang di kelola oleh pemerintah desa tahun 2020 terdiri dari dana transferan daerah dalam hal ini (ADD) anggaran dana desa sebesar Rp.630.229.000, kemudian dana transferan dari Pusat ADDS sebesar Rp.1.589.641.000, kemudian PAD Rp.109.000.000 yang di peroleh dari Bumdes dan dari pendapatan lain yang sah.

Lanjut kades, dari total anggaran tersebut untuk penanganan paskah pandemi Covid-19 dalam bidang penanggulangan bencana darurat itu kami menganggarkan kurang lebih Rp.707.249.000 dengan rincian untuk dana cadangan sebesar untuk ADD Rp.74.249.000, kemudian untuk DDS sebesar Rp.296.400.000 sehingga total bantuan langsung tunai sebesar Rp.336.600.000.

“Pencarian tahap pertama untuk bantuan langsung tunai (BLT-DD) itu sebesar 15 %  untuk tahap pertama sebesar Rp.238.446.150 itu di alokasikan untuk 187 kepada keluarga (KK) yang berhak Menerimah bantuan Dana Desa  khususnya di desa Klis dusun siota dan dusun Nyama dengan total anggaran Rp.112.200.000 untuk tahap pertama 15 %,” ungkap Kades. *** Janes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *