Cegah Covid-19, RS Bhayangkara Polda Kepri Buka Pelayanan Drive Thru Screening Paid Test Gratis Kepada Masyarakat

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Penerapan ptotokol kesehatan sebagaimana yang telah menjadi anjuran Pemerintah dalam penanganan Covid-19, disikapi oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau dengan membuka layanan pelayanan Drive Thru Screening Rapid Test gratis, kepada masyarakat Kepri, Rabu (29/4/2020).

Pelayanan kesehatan Drive Thru Screening Rapid Test gratis, merupakan gagasan dari Kapoilda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.IK, untuk membantu masyarakat Kepri mengenai penularan Covid-19, secara fisik pada kondisi tubuh manusia.

“Dengan kebijakan dari Bapak Kapolda Kepri, kami melaksanakan Screening Rapid Test dengan cara Drive Thru. Hal ini dilakukan sebagai bentuk Polda Kepri peduli Covid-19, serta mempertimbangkan protokol kesehatan, Physical Distancing sehingga tidak terjadi penularan pada saat antrian pemeriksaan,”tutur Waka Polda Kepri, Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, kepada Wartawan di halam RS Bhayangkara Polda Kepri.

Waka Polda Kepri menuturkan, sebelum dilakukan pemeriksaan warga masyarakat terlebih dahulu akan diberikan Hand Sanitizer, kemudian dilakukan pengambilan nomor antrian dengan mengisi nama, nomor Hp, sambil menunggu giliran dengan tetap berdiam di kendaraan, dan petugas dari RS. Bhayangkara yang akan mengambil darah diujung jari selanjutnya diperiksa dibawah tenda yang telah ditentukan dan hasil akan dikirim berdasarkan nomor Hp yang telah dicantumkan

Jenderal bintang satu itu menjelaskan, RS. Bhayangkara TK IV Polda Kepri merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk Covid-19, dengan memiliki 28 kamar dan 31 tempat tidur.

“Sampai dengan saat ini sudah 26 Pasien yang dikarantina di RS. Bhayangkara dimana 4 pasien dari hasil Swab dinyatakan Positif Covid-19 dan sudah dirujuk ke RS. Galang dan RS. BP Batam,”ucap Waka Polda Kepri

Ia mengatakan, selama Pandemi Covid-19 terdeteksi di wilayah Kepri RS. Bhayangkara telah melakukan Rapid Test sebanyak 534 orang, dari 534 orang tersebut sebanyak 7 orang dinyatakan reaktif dengan rincian 6 orang personel Polri dan 1 orang masyarakat umum.

“Sebagai Informasi hari ini RS Bhayangkara Polda Kepri, membuka pelayanan kepada masyarakat untuk Rapid Test secara Drive Thru, yang bertujuan mengurangi kontak fisik dalam penyebaran Covid-19, Rapid Test ini gratis dengan cara melakukan pendaftaran melalui Whatsapp ke nomor 081276764878 atau ke nomor 081270004794. Jam pelayanan pada hari Senin sampai dengan hari Jumat pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB, dan pada jam 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB,” tutur Waka Polda Kepri.

Halimansyah menuturkan, penanganan Covid-19 di Kepri, membutuhkan kerjasasama semua pihak anatara Pemerintah, TNI-Polri saling bahu-membahu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.Dan bersama-sama mengutamakan upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, termasuk juga dalam pelayanan kesehatan.

“Polda Kepri bersama dengan Pemerintah dan TNI juga, menyediakan bantuan sosial berupa sembako. Olehnya itu kepada masyarakat yang membutuhkan sembako silahkan langsung menghubungi kantor kepolisian terdekat, dan kita akan segera memberikan bantuan,” ungkap Wakapolda Kepri.

Kegiatan pembukaan pelayanan Drive Thru Screening Rapid Test, juga dihadiri oleh Kabid Dokkes Polda Kepri, Kabid Humas Polda Kepri, dan Kepala RS. Bhayangkara TK IV Polda Kepri. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *