Cegah Tertular Virus Corona, Dansatgas Koarmada II Ingatkan Prajurit TNI AL Dan Satgas Corona Jaga Kesehatan Dan Gunakan Masker N-95

Militer TNI

Jakarta,CakraNEWS.ID- Selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Koarmada II, Laksma TNI Rachmad Jayadi,  memerintahkan tim kesehatan KRI dr. Soeharso-990, dan Satuan Tugas  (SATGAS) Corona TNI AL, yang menangani kondisi kesehatan 69 Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai ABK Kapal Diamond Princess 2020, agar selalu menjaga kesehatan dengan menggunakan masker N-95

“Kepada seluruh prajurit yang berada di KRI SHS agar selalu menjaga kesehatan dan kekompakan agar saling mengingatkan untuk menggunakan masker. Dengan menjaga kesehatan dan pola makan secara teratur serta menggunakan masker sesuai standart WHO yaitu Masker N-95. Diharapkan seluruh ABK maupun tim Satgas tidak akan tertular virus corona,” tegas Dansatgas Koarmada II.

Rachmad menambahkan jika Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara.

Di sisi lain pengecekan kondisi kesehatan fisik, 69 WNI sebagai ABK Diamond Princess, menjadi perhatian utama selama berada di KRI dr. Soeharso-990, kesehatan psikis atau mental mereka juga menjadi perhatian tim Satgas Corona dari TNI AL. Perhatian tersebut berupa pendampingan yang dilakukan oleh personel dari Dinas Psikologi TNI, yang diberikan kepada para WNI saat mereka menumpang KRI dr. Soeharso menuju tempat observasi di Pulau Sebaru Kecil, di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Usai melaksanakan olahraga pagi, di geladak heli kapal rumah sakit TNI AL, KRI dr. Soeharso,Selasa (3/3/2020), Tim psikologi memberikan pendampingan berupa permainan interaktif yang melibatkan ke-69 ABK. Pastinya yang terjadi adalah keseruan dan kegembiraan dari mereka begitu mengikuti permainan yang membutuhkan konsentrasi dan kekompakan dari peserta.

“Kegiatan games ini kita berikan kepada supaya mereka merasa rileks dan semangat selama menjalani observasi di kapal. Dilakukan secara interaktif dan atraktif agar tetap bugar sehingga menunjang kondisi para ABK supaya tetap fit,” terang Dansatgas Koarmada II, saat memimpin apel kelengkapan Satgas Corona.

Rachmad-sapaan karibnya juga menambahkan, aktivitas seperti ini juga diberikan kepada ABK World Dream beberapa waktu lalu. Adanya games interaktif diharapkan mampu menumbuhkan jalinan kebersamaan diantara ABK Diamond Princes untuk saling support.

“Adanya kebersamaan dan saling mendukung satu sama lain,diharapkan mereka bisa menerima dengan mudah kondisi saat ini yang terjadi pada diri mereka yang terdampak virus Corona. Kita juga berikan konseling secara personal agar mereka tetap semangat dan percaya diri,”tandas Rachmad.

Sementara itu pemeriksaan kesehatan juga dilakukan sebagai prosedur tetap oleh petugas kesehatan gabungan dari Diskes Koarmada II dan Kemenkes RI, dalam hal ini Kantor Kesehatan Pelabuhan. Petugas kesehatan melakukan pengecekan suhu tubuh dengan Thermal Gun untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *