Dandim 1511 Moa: Satu Koramil Baru Akan Dibentuk Di Kecamatan Damer

Adventorial Lintas Nusantara Lintas peristiwa News TNI

Tiakur CakraNEWS.ID– Untuk  pengembangan Institusi TNI khususnya di kabupaten Maluku Barat Daya, maka direncanakan akan ada satu Koramil lagi yang akan dibentuk di kecamatan Damer.

Hal ini disampaikan oleh Dandim 1511 Pulau Moa Letkol Inf Wira Muharromah SH dalam tatap muka bersama insan pers beberapa waktu.

Menurutnya, Pulau Damer memiliki potensi yang luar biasa baik itu hasil laut maupun hasil Bumi yang diambil oleh penjajah dulu sehingga itu yang menjadi prioritas untuk membentuk satu Koramil disana untuk menjaga dari hal-hal sehingga kita harus menjaga disana.

“Tolong sampaikan kepada saya kalau saja di desa -desa ada masyarakat yang ketakutan gara-gara TNI laporkan saja kepada Saya, sudah saya tekankan ke anggota agar tolong dukung masyarakat untuk bisa mencari penghasilan disana Amankan merek,” kata Dandim.

Dandim mengakui, Provinsi Maluku dulu pernah terjadi konflik horizontal sehingga mengakibatkan ada beberapa senjata yang beredar dimasyarakat.

Dirinya berikhtiar apabila ada masyarakat yang menyimpan sehingga nantinya ada konflik antara satu desa dengan desa yang lain maka senjata itu dikeluarkan untuk bisa saja mengancam warga disekitar.

“Saya tidak mau itu terjadi, sehingga saya minta kepada masyarakat agar ada yang mengetahui, melihat, mendengar bahkan pernah memegang langsung tolong sampaikan kepada kami, saya akan menutup identitasnya kalau ada masyarakat yang menyerahkan senjata,” pesan Dandim.

Namun apabila lanjut  dia, pada saat swiping dan rasia, ditemukan senjata maka akan berdampak, karena sudah bicara tentang hukum.

“Kita tidak bisa melindungi apapun ceritanya karena kepemilikan senjata api dengan aturan tertentu itukan masyarakat tidak boleh memiliki senjata kecuali TNI-POLRI,” paparnya.

“Rencana TNI kedepannya seperti itu kalau saja 17 kecamatan bisa didampingi dengan 17 Koramil puji Tuhan namun selama ini kita tidak bisa TNI saat ini belum bisa untuk memenuhi semuanya itu karena perlu koordinasi terkait dengan kepemilikan tanah,”  tambahnya.

Diakui, tidak gampang sehingga tahun ini hanya kecamatan Damer yang akan dibangun Koramil karena surat lahannya sudah siap.*** CNI-07/Janes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *