Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin Tutup KBBS 2021

Militer TNI

Kepulauan Aru, CakraNEWS.ID – Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Aru yang merupakan salah satu Pangkalan dibawah jajaran Koarmada III dengan Komandan Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, SH. M.Tr. (Hanla). M.M, menutup kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial Lanal Aru Tahun 2021.

Acara tersebut difokuskan pada desa binaan Lanal Aru di Dusun Blakang Wamar, Desa Durjela Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Rabu (28/7/2021) dan dihadiri oleh Forkopimda, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan Karya Bakti Dan Bakti Sosial Pangkalan TNI AL  (KBBS) Tahun Anggaran 2021 ini merupakan program dari Staf Umum Potensi Maritim (Spotmaral) yang dibuka sejak tanggal 28 Juli 2021 dan difokuskan di Dusun Blakang Wamar dan Desa Durjela Kecamatan Pulau-pulau Aru.

“Dua lokasi ini dipilih karena Desa Durjela dan Dusun Belakang Wamar merupakan lokasi dalam wilayah kerja Lanal Aru,” ujar Danlanal Aru.

Dikatakan, Program Karya Bakti dan Bakti Sosial ini meliputi kegiatan Fisik maupun Non Fisik seperti Renovasi Sekolah Dasar Kristen Durjela, Renovasi Masjid Baitul Amal dan Jabal Qubais.

Selain itu, kegiatan fisik lainnya Lanal Aru telah merenovasi Gereja Santo Yosep dan Imanuel, pembuatan kanopi Puskesmas Pembantu, pendirian Gapura, pengecatan pagar dan pendirian Rumah Pintar Bahari di Kampung Bahari Nusantara Dusun Blakang Wamar.

“Sementara kegiatan Non Fisik seperti Khitanan Masal, pemberian Bantuan Sosial paket Sembako untuk masyarakat Desa Durjela dan Dusun Blakang Wamar serta melaksanakan Serbuan Vaksinasi Masal kepada Masyarakat Maritim khususnya di Desa Benjina,” tutur Danlanal Aru.

Lanjut dikatakan, terkait Visi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M, saat ini TNI AL telah memiliki 1.757 Desa Binaan di seluruh pelosok nusantara.

Di tahun 2020, kata Danlanal Aru, Pimpinan TNI AL telah mencanangkan program Kampung Bahari Nusantara (KBN) sebagai bentuk komitmen peran TNI AL di daerah untuk membantu pemerintah daerah dalam mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat khususnya di masa pandemik Covid-19 serta meningkatkan wawasan kebangsaan dan jiwa nasionalisme.

“Tidak kalah pentingnya, dalam pencanangan Kampung Bahari Nusantara ini adalah pendirian Rumah Pintar Bahari dengan sasaran yang diharapkan yakni, meningkatkan minat baca dan minat belajar anak usia sekolah di wilayah Dusun Blakang Wamar Desa Durjela, khususnya kegatan belajar-mengajar di sekolah formil adalah terbatas atau daring karena pandemik Covid-19,” jelasnya.

Selain itu kata Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, pendirian rumah pintar bahari juga bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan kebaharian kepada masyarakat Aru dimana wilayah Kabupaten Aru merupakan daerah dengan luas + 55.270.22 KM’ dengan luas lautan adalah 48.843.45 (KM2) atau 88.37 % adalah wilayah laut.

“Nah, pendirian rumah bahari kita fokuskan di Dusun Blakang Wamar  sebagai desa binaan Lanal Aru agar keberlangsungan program Kampung Bahari Nusantara serta program kegiatan Rumah Pintar Bahari dapat tercapai,” ucapnya lagi.

Menurut Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, karya bakti dan bakti sosial yang dicanangkan oleh KSAL Lanal Aru bertujuan pula agar terwujudnya hubungan sosial antara Prajurit TNI AL dengan masyarakat khususnya masyarakat Dusun Belakang Wamar dengan berbagai kegiatan sosial yang ada sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat, serta terwujudnya sinergitas antara pemerintah daerah dengan TNI/TNI AL atau instansi terkait dalam melaksanakan pembangunan di wilayah Kepulauan Aru baik infra struktur maupun sumber daya manusia.

“Tentunya kegiatan Kampung Bahari Nusantara ini tidak dapat dilaksanakan secara mandiri oleh TNI AL namun diperlukan sinergitas dengan instansi pemerintah daerah maupun instansi lainnya guna mencapai hasil yang optmal oleh karena itu membutuhkan gandeng tangan dan dukungan moril oleh semua pihak untuk tujuan yang lebih besar,” tutupnya.

Sementara pantuan media ini, dalam acara tersebut dilaksanakan penanda tanganan Prasasti Kampung Bahari Nusantara dan pemberian buku secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga kepada Komandan Lanal Aru, kemudian dilanjutkan peninjauan lokasi Rumah Pintar Bahari yang diawali dengan pemotongan Pita.(CNI- 05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *