Site icon Cakra News

Diinisiasi Senator Mercy, Badan Riset dan Inovasi Nasional Gelar Pelatihan di Malteng

Marasabessy Berharap Agar Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Meningkatkan Kualitas SDM Maluku Tengah Yang Kompeten dan Tangguh Menghadapi kemajuan IPTEK.

Masohi, CakraNEWS.ID – ANGGOTA DPR-RI Mercy Barend menggagas terlaksananya Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Dosen, Guru dan Mahasiswa tahun 2023.

Agenda tersebut dilangsungkan di salah satu Hotel di kota Masohi, Kecamatan Maluku Tengah (Malteng), Senin (14/08).

Hadir dalam cerimonial pembukaan pelatihan  itu, Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah Muhammad Marasabessy, SP, ST, M.Tech yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Roni Hetary.

Sejumlah tamu VVIV lain yang diboyong Senator Maluku Mercy Barend diantaranya Koordinator Bintek DRID BRIN Aseo Saefudin,SE, MSi, Peneliti ahli madya pusat Riset Laut Dalam BRIN Ir. Voulda Direncia Loupatty, Dosen, Guru dan Mahasiswa serta pimpinan dan pengurus DPC PDI-P Maluku Tengah.

Dalam sambutan Pj Bupati Malteng yang dibacakan, Marasabessy berharap agar pelaksanaan pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Dosen, Guru dan Mahasiswa yang di selenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional dalam rangka peningkatan kapasitas pengguna riset dan inovasi bagi masyarakat di kabupaten berjuluk “Pamahanunusa”, bisa meningkatkan kualitas SDM Maluku Tengah yang semakin kompeten dan tangguh menghadapi kemajuan IPTEK.

Dikatakan, pemerintah daerah Malteng sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Dosen, Guru dan Mahasiswa tahun 2023 yang di gagas oleh anggota Komisi VII DPR-RI Maercy Barends.

Dikatakannya kalau kegiatan ini sebagai wadah edukasi bagi Dosen, guru dan mahasiswa di kabupaten Maluku Tengah dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun karya Tulis Ilmiah yang nantinya bisa berguna bagi diri dosen, guru, mahasiswa maupun masyarakat di daerah ini.

“Saya berharap agar pelatihan ini akan membawa manfaat luas bagi perkembangan akademik dan kemajuan ilmiah di Kabupaten Maluku Tengah dan Indonesia pada umumnya,” ungkap Marasabessy sebagai mana dibacakan.

Lanjut dikatakan, hal ini merupakan kehormatan tersendiri ucap Marasabessy dengan berargumen bahwa pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tengah sangat me,butuhkan pemikiran-pemikiran yang cerdas dan kritis dari masyarakat dalam mendukung kemajuan pembangunan daerah.

Oleh karena itu, kalau pelatihan karya tulis ilmiah ini sangat di perlukan di Malteng dalam membangun pemikiran-pemikiran yang kritis baik dari dosen, guru, mahasiswa dan juga masyarakat.

Dia menambahkan kalau saat ini Karya Tulis Ilmiah menjadi tolak ukur dalam pengembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa.

“Karya Tulis Ilmiah yang di publikasikan pada jurnal internasional ucapnya akang merupakan ukuran penting dalam melihat kualitas penelitian di sebuah negara termasuk di Indonesia.”

“Kemampuan dalam penulisan dan publikasi karya tulis ilmiah adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah termasuk di Malteng,” tambah dia membeberkan.

Dengan demikian lajut dibacakan, penulisannya sangat perlu kemampuan yang cukup dan di Baringin dengan tata tertib penulisan supaya bisa menjadi satu karya tulis ilmiah yang menjadi bagian penting dalam pengembangan SDM dalam pembangunan bangsa maupun daerah, sebut Marasabessy.

Pelatihan ini kata Marasabessy bukan saja untuk menambah ilmu dan wawasan bagi dosen, guru dan mahasiswa tetapi juga menjadi gebrakan baru bagi dosen, guru dan mahasiswa guna melakukan penelitian dalam dunia pendidikan.

Hal ini juga menjadi bagian dalam meningkatkan kompetensi SDM agar menjadi agen transportasi yang handal di Malteng sesuai harapan masyarakat dan pemerintah daerah, tegas Marasabessy.

Menyikapi pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, Marasabessy harapkan agar dosen, guru dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah ini bisa menelitik dan mencari informasi yang perlu di ketahui agar menjadi bekal dalam penulisan karya tulis ilmiah nantinya.

“Saya berharap agar pelatihan yang di prakarsai oleh Ibu Mercy Barends anggota DPR-RI Komisi VII bersama para narasumber ini, maka dosen, guru dan mahasiswa yang diikut-sertakan hari ini bisa termotivasi untuk mengaplikasikannya dalam riset guna kepentingan masyarakat dan daerah.”

“Bahkan kepentingan bangsa dan negara dengan menunjukan kalau Kabupaten Maluku Tengah bisa membuat karya tulis ilmiah yang baik dan bisa di pergunakan dalam pembangunan bangsa Indonesi menuju bangsa yang besar dan bermartabat,” harapnya menutup sambutannya.*** CNI-06

Exit mobile version