Divisi Humas Polri, Bekali Personil Humas Jajaran Polda Kepri Pengelolaan Informasi Media Sosial Dan Media Online

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Tingkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, dilakukan oleh Polri dengan membekali personil Polri khususnya dibidang Humas untuk mampu menggunakan berkomunikasi di media sosial dan media online dengan baik dan benar.

“Sebagai institusi yang menyediakan pelayanan publik, Polri bertugas memberikan pelayanan, pengayoman, perlindungan dan penegakan hukum kepada masyarakat.Sehingga dengan demikian seluruh kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat, bisa diakses dan dinilai masyarakat sebagai pengawas sekaligus pelanggan bagi institusi Polri,”tutur Kapolda Kepri,Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.IK dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Waka Polda Kepri, Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, pada kegiatan penguatan tim media sosial dan media online oleh Divisi Humas Polri di wilayah hukum Polda Kepri,bertempat di Ballroom Pasific Hotel, Rabu (24/7/2019).

Kapolda mengatakan, sesuai dengan amanat Kapolri, Humas Polri dituntut untuk melaksanakan pelayanan manajemen media bukan hanya terbatas pada manajemen media eksternal Polri semata, akan tetapi manajemen media internal Polri sangat penting untuk dilakukan sebuah pelatihan.

Adapun manajemen media di internal Kepolisian adalah dengan melakukan pengutan kepada media sosial dan media online di internal Polri yang bertujuan untuk mengedukasi setiap anggota Polri agar mampu memahami seluruh informasi termasuk media social dan media lainnya dengan dapat memilih dan memilah mana informasi yang bermafaat dan mana informasi yang berdampak negativ bagi kesatuan, diri dan pribadi anggota Polri.

“Melalui kegiatan ini,seluruh pengemban fungsi Humas Polri dapat memahami pentingan pengutan media sosial dan media online bagi anggota Polda Kepri. Pahami dan teliti dengan saksama mana informasi yang bisa bermanfaat dan mana informasi yang tidak bermanfaat. Sehingga informasi-informasi yang diberikan kepada sesama anggota Polri dan masyarakat betul-betul bermanfaat mengangkat citra Polri ditengah-tengah masyarakat. Hindari pelanggaran sekecil apapun di ruang-ruang publik yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri,”himbau Kapolda.

Disisi lain, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kabag Pensat Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Yusril Yunus mengatakan, intitusi Humas Polri khususnya Biro Multimedia Polri berperan penting dalam pengembangan teknologi informasi di dunia maya.

Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang dengan sangat cepat, dimana Polri dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan yang ada di media online dan media sosial yang saat ini dapat dirasakan penggunaan intensitas penggunaan media sosial dan media online yang selalu meningkat dan berkembang yang turut mempengahrui isu pemerintahan di Indonesia.

“Penguatan tim media sosial dan media online di Polda Kepri dan jajaran diperlukan untuk turut berpartisipasi dalam menciptakan sentiment positive terhadap institusi Polri di media sosial maupun di media Online,”tutur Kabag Pensat Divisi Humas Mabes Polri

Kadiv juga mengungkapkan, sosialisasi penguatan tim media sosial dan media online kepada seluruh Humas Polri di Indoensia adalah sebagai bentuk tanggapan Polri terhadap perkembangan teknologi yang sangat dirasakan saat pelaksanaan Pemilu yang berlangsung dibulan April dan Mei 2019.

Dimana media sosial dan media online dijadikan primadona untuk menjadi sarana kampanye yang berdampak pada efek bgai calon yang terlibat pada Pemilu 2019. Media sosial yang awalnya hanya digunakan sebagai saran informasi, silatuhrami dan aktifitas positif lainnya.

Namun belakangan media sosial digunakan untuk memposting dan membagikan konten-konten negative seperti Hoaxs, Heedspech, Provokasi dan sebagainya, yang berdampak pada ganguan Kamtibmas di lingkungan masyarakat.

Olehnya itu menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif pasca Pesta Demokrasi yang telah berlangsung dan memasuki masa pasca Pemilu 2019 dengan melihat perkembangan rill yang terjadi di masyarakat, Polri melaksanakan upaya Kepolisian dalam rangka pengamanan dan merajut kembali persaudaraan antar masyarakat.

“Polri secara umum sangat mengapresiasi Polda Kepri dengan kondisi Kamtibmas pada pelaksanaan Pemilu 2019  berjalan aman dan nyaman. Selain itu pula beberapa event besar yang berlagsung di Kepri berjalan dengan aman,lancar dan sukses,”pungkasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *