Emban Tugas Sebagai PPT Madya Kemenkum HAM, Jejak Karier Irjen Pol Andap Budhi Revianto

Militer Polri

CakraNEWS.ID- Menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Kepulaun Riau, sejak 13 Agustus 2018 dengan masa jabatan kurang lebih 2 tahun 7 bulan, Inspektur Jenderal Polisi, Andap Budhi Revianto,S.IK,MH, kembali dipercayakan oleh Negara untuk mengemban tugas selaku Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia.

Informasi yang dihimpun CakraNEWS,ID, pada Kamis (30/4/2020), Irjen Pol Andap Budhi Revianto,SIK,MH, akan dilantik sebagai PPTK Madya Kemenku HAM RI, sebagaimana terlampir dalam Surat Kementeterian Hukum dan HAM RI Sekertariat Jenderal, nomor : SEK-KEP-03-373, perihal pelantikan dan pengambilan sumpa/janji jabatan PPT Madya Kemenkumham, tanggal 30 April 2020.

Isi surat dari Sekjen Kemenkumham tersebut, sebagi tindak lanjut dari Keputusan Presiden RI nomor 77/TPA Tahun 2020 tentang pengangkatan PPT Madya Kementerian Hukum Dan HAM, yang terlampir nama, Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S,IK, NRP, 66060438, jabatan, Kepala Kepolisian Daerah Kepuluan Riau.

Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK,MH, akan berlangsung pada Senin 4 Mei 2020, bertempat di Graha Pengayoman, Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkum HAM RI, Jl.H.R. Rasuna Said Kav 6-7, Jakarta Selatan, yang ditandatangi oleh Sekjen atas nama Menteri Hukum dan HAM, Bambang Rantam Sariwanto.

Jejak karier sang Jenderal bintang dua, Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK, sangat gemilang di dunia Kepolisian dengan berbagai terobosan menarik dan bermanfaat kepada masyarakat.

Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK,MM, yang lahir di Jakarta, 23 Juni 1966, mengembang tugas sebagai Kapolda sebanyak 3 kali diantaranya, Kapolda Sulawesi Tenggara (2017-2018), Kapolda Maluku (2018) dan Kapolda Kepri (2018-2020).

Jabatan Kapolda Sulawesi Tenggara (SULTENG) tahun 2017 hingga 2018, menggantikan Brigjen Pol Agung Sabar Santoso.

Semasa menjabat sebagai Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK melakukan terobosan kreatif dengan melounching Halu Haluo Polda Sultra. Aplikasi itu merupakan inovasi pelayanan berbasis teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Tenggara terkait Kamtibmas.

Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Polisi untuk melapor apabila ada tindak kejahatan. Atas terobosan tersebut Andap Budhi Revianto memperoleh penghargaan Kendari Pos Award 2017 sebagai tokoh Kamtibmas dan inovasi pelayanan masyarakat.

Usai menunaikan tugas selaku Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto, kembali di percayakan oleh Polri untuk dimutasikan menjabat Kepala Kepolisian Daerah Maluku, tahun 2018 menggantikan Irjen Pol Deden Juhara. Menjadi seorang Pimpinan Polri di Bumi Raja-Raja Maluku, dengan pangkat Jenderal bintang dua, Irjen Pol Andap Budhi Revianto, kembali menggagas sebuah ide, terkait dengan pengelolaan minuman keras tradisional khas Maluku “SOPI” , dalam program “Bakumpul Bacarita Air Manise”.

Program air manise digagas oleh Irjen Pol Andap Budhi Revianto di Bumi Raja-Raja Maluku, dengan menghadirkan para Perwakilan DPRD Provinsi Maluku, Para Luarah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan seluruh Forkompimda di Maluku.

Selain mengagas Program Air Manise (Pengelolaan Sopi), Irjen Pol Andap Budhi Revianto, S.IK, juga bersama dengan Pangdam XVI/Pattimura yang saat itu di jabat oleh Mayjen TNI Suko Pranoto, dan Forkompimda Maluku, menyelenggarakan nonton bareng (NOBAR) Piala Dunia bersama masyarakat  Kota Ambon dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas jelang pelaksanaan Pilkada Maluku.

Menjabat Kapolda Maluku kurang lebih 4 bulan, Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK, kembali dipercayakan oleh Polri untuk mengembang tugas sebagai Kapolda Kepulaua Riau, pada tanggal 13 Agustus 2018 menggantikan Irjen Pol Didid Wijanardi.

Sejumlah penghargaan dan tanda kehormatan pun pernah diraih oleh Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK di dunai Kepolisian diantaranya.

  1. Bintang Bhayangkara Nararya
  2. Kesetiaan VIII Tahun
  3. Kesetiaan XVI Tahun
  4. Kesetiaan XXIV Tahun
  5. Jana Utama
  6. Dwidya Sistha
  7. Dharma Nusa.
  8. Bhakti Nusa
  9. Operasi Kepolisian. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *