Enam Hal Penting Jadi Sorotan Presiden RI, Dalam Menangani Penyebaran dan Penularan Covid-19 Di Indonesia

Pemerintahan

CakraNEWS.ID- Enama hal penting menjadi sorotan Predisen RI, Ir Joko Widodo, dalam membendung penyebaran dan penularan virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Permasalahan pertama yang disoroti oleh Preseidin RI dalam penanganan Covid-19, berkaitan dengan peningkatan pengujian sampel darah penderita Covid-19, serta pelacakan yang agresif dan perketat isolasi.

“Ini untuk Ketua Gugus Tugas, Menteri Kesehatan, Polri dibantu TNI agar yang pertama yang saya sampaikan tadi betul-betul diberikan perhatian,” tutur Presiden Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Bogor melalui video conference (pernyataan resminya), Selasa (14/4/2020) dikutip CakraNEWS dari PMJNEWS.

Masalah kedua yang disoroti oleh Presiden RI, terkait dengan dukungan sarana prasaran medis yang memadai, termasuk dalam penggunaan teknologi, baik menyangkut sensor tubuh hingga internet of things (IoT) dan kecerdasan buatan (AI).

“Sekarang kita telah menggunakan dengan bekerjsama dengan perusahaan teknologi menggunakan telemedicine. Sehingga orang tidak perlu bertemu dengan dokter, tidak perlu harus ke rumah sakit tetapi bisa konsultasi kesehatan lewat telemedicine,” ujar Presiden.

Ketiga, presiden menaruh perhatian pada komunikasi yang efektif dan transparan kepada media. Hal ini menjadi penting dilakukan agar tidak hanya berita buruk yang menjadi topik pemberitaan, namun juga berita baik untuk membangun rasa optimistis masyarakat.

Keempat, penegakan hukum dengan dukungan aparat negara.

“Ini juga penting dilakukan dalam hal ini, sehingga betul-betul masyarakat kita memiliki kedisiplinan yang kuat untuk menghadapi ini,” sambungnya.

Permasalahan kelima yang disentil Presiden adalah meminta kepada jajarannya untuk memastikan arus logistik berjalan lancar. Distribusi dari pusat ke daerah dan juga dari gudang-gudang logistik jangan sampai terganggu.

Dan yang keenam , berkaitan dengan stimulus ekonomi yang kita keluarkan harus betul-betul tepat sasaran.

“ Semua kebijakan-kebijakan itu kita fokuskan pada pemutusan rantai penyebaran Covid-19,”pinta Presiden. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *