Festival Anak Sholeh Provinsi Maluku Tahun 2021 Akan Digelar Agustus Mendatang

Adventorial Berita Pilihan News Pendidikan

Ambon, CakraNEWS.ID– BADAN Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) provinsi Maluku akan menggelar Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) 2021.

Fasi merupakan pagelaran lomba kreativitas anak-anak muslim berprestasi. Baik itu Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan Santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA).

Hal tersebut disampaikan ketua panitia, Saddam Tubaka melalui pers rilis, Rabu (09/06).

Mengusung tema “Kemilau Generasi Islami di Bumi Maluku,” Fasih Maluku 2021 akang digelar tanggal 07 Agustus hingga 10 Agutus 2021.

“Kami sudah finising 13 mata lomba untuk tiga kategori. Saat ini, panitia tengah upaya menjaring supported untuk menyukseskan kegiatan perdana di Maluku ini,” ungkap Tubaka dalam pers liris tersebut.

Perihal mata lomba, Tubaka mericikan, untuk taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA) terdapat tujuh mata lomba dengan klasifikasi usia maksimal 7 tahun per tanggal 1 Juli 2021.

“Mata lombanya berupa, Golongan tartil qur’an putra-putri, Nasyid Islami, Peragaan Sholat, Cerdas cermat Al-Qur’an, Lomba mewarnai gambar, Ceramah Islami,” jelasnya.

Untuk lomba tingakat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) kata Tubaka, terdapat enam mata lomba dengan spesifikasi umur 12 tahun per tanggal 1 Juli 2021. Terdiri dari Tartil Al-Qur’an, Adzan dan Iqomah, Nasyid Islamic, Cerdas cermat Al-Qur’an, lomba menggambar, ceramah islamic.

“Sementara lomba tingkat Ta’limul Qur’an Lil aulad (TQA) dengan spefikasi umur 15 per tanggal 1 Juli 2021. Mata lombanya berupa, Tilawah Al-Qur’an, Tahfidz Juz Amma, Cerdas Cermat Al-Qur’an, Kisah Islamic, Kaligrafi dan Ceramah Islami,” singkat Tubaka Tubaka.

Tubaka mengajak masyarakat terutama para orang tua dan guru-guru di taman pengajian mendaftarkan anak-anaknya dalam event tersebut.

“Hubungi panitia langsung di Sekretariat BKPRMI Maluku, Masjid Al-Fatah Ambon atau melalui link yang disediakan. Untuk kabupaten/kota yang lain dapat langsung melalui DPD BKPRMI di kabupaten masing-masing,” tutup Tubaka.

Sementara Ketua BKPRMI Provinsi Maluku Ahmad Ilham Sipahutar dikonfirmasi wartawan mengaku adanya program yang akan digelar bulan Agustus mendatang.

Dikatakan, gelaran Fasi Maluku tahun 2021 sebagai media untuk memperkokoh silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah sebagai wahana untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan sebagai media untuk mengevaluasi kualitas anak-anak diseluruh Maluku yang selanjutnya akan menjadi umpan balik perbaikan kurikulum termasuk proses pembelajaran di lembaganya masing-masing.

Sipahutar mengakui, Festival tersebut digawangi BKPRMI Maluku dan merupakan agenda program bidang LPPTKA.

“Festival Anak Sholeh Indonesia akan memfokuskan anak-anak TKA, TPA dan TQA dan umum pada baca tulis Al-Quran dan pemahaman ad-diinul islam,” tegas Sipahutar.

Dijelaskan, acara ini agar menjadi wadah bagi adik-adik semua untuk tetap semangat mengembangkan kemampuan yang dimiliki, khususnya untuk menjadi pemicu dan pendorong dalam menumbuhkan dan mengamalkan nilai keislaman tersebut sejak dini.

Menutup keterangannya, Sipahutar berharap dukungan baik moril maupun materil dari berbagai pihak untuk menyukseskan agenda perdana tersebut di Maluku.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *