Gempa Bumi 4,6 Episenter Gunjang Maluku,Tidak Berpotensi Tsunami

Lintas peristiwa

Maluku,CakraNEWS.ID– Gempa bumi tektonik, berkekuatan M= 4.6 Episenter terletak pada koordinat 3.68 LS dan 127.74 BT, tepatnya di laut 47 km Barat Ambon pada kedalaman 10 km, guncang Provinsi Maluku, Kamis (3/1/2019)

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi, S.Kom, dalam rilisnya mengungkapkan, ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempabumi. Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

“Terkait dengan peristiwa gempabumi Ambon yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 13:37 WIT belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD. Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami,” ungkap Sunardi. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *