Site icon Cakra News

Gubernur Launching Pengembangan Pendidikan Berbasis IT

AMBON,MALUKU-Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff melaunching pengembangan pendidikan berbasis Informasi Tek nologi (IT), yang berlangsung di SMK Negeri 7 Ambon,Selasa (6/11/2018).

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan salah satu tantangan untuk memajukan dunia pendidikan dewasa ini yaitu, perlunya pembangunan jaringan pendidikan berbasis IT.

Yang sangat mendukung aspek transparansi pengelolaan dan informasi sekolah sekaligus memperpendek rentang kendali pengawasan sekolah.

Dijelaskan,pembangunan jaringan pendidikan berbasis IT dengan wujud pengembangan aplikasi sistim informasi integras pendidikan, akan memudahkan stakeholder pendidikan termasuk orang tua/wali murid untuk setiap saat dapat memonitoring perkembangan pendidikan anak-anak mereka.

Begitu juga, Wali murid dapat segera mengetahui absensi siswa, tugas rumah yang diberikan oleh setiap guru, termasuk nilai setiap mata pelajaran.

Selain itu, kata Assagaff dengan adanya program, aplikasi sistem Informasi integrasi pendidikan, siswa juga dapat melihat dan membaca langsung tentang petsiapan bahan kisi-kis ujian setiap mata pelajaran yang akan di ujikan setiap ujian harian sekolah, ujian tengah semester dan ujian akhir semester nantinya.

“Aplikasi ini juga menyediakan bahan kisi-kisis persiapan ujian akhir nasional pada setiap mata pelajaran yang akan di ujikan bagi siswa yang akan menghadapi ujian nasional, dan juga aplikasi un8i menyajikan program khusus penilaian guru dan wali murid secara kognitif, afektif, dan psikomotorik bagi setiap siswa nantinya,”ujarnya.

Dijelaskan, era digital dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, haruslah dapat merubah cara pandang guru terhadap proses pembelajarannya. Belajar di era digital tidak lagi terbatas pada dinding-dinding ruang kelas, dengan waktu yang diatur, melainkan belajar tanpa batas ruang dan waktu.

“Belajar hari ini adalah belajar tentang masa depan, belajar tentang kompetisi dan daya saing. Karena itu guru saat ini adalagh guru yang tidak boleh idak bisa komputer, guru yang hampa akan teknologi tidak akan mampu menanamkan daya kristis kepada murid untuk menjadi manusia revolusioner,”ucapnya.

Walaupun demikian, dirinya perlu mengingatkan satu hal kepada para guru atau pendidikan di negeri ini, sering dengan tantangan dan tuntutan untuk punya kemampuan penguasaan terhadap teknologi IT yang baik, tetapi hati atau jiwa tidak boleh termekanisasi dan kaku seperti mesin atau robot, yang menyebabkan kehidupan menjadi individualistik dan teralenisasi dari kehidupan sosial.

Untuk itu, dirinya berharap dengan pembangunan jaringan ini, sekolah SMA/SMK di Maluku dapat lebih menerapkan manajemen pendidikan modern, gurunya berinovasi mengembangkan model-model pembelajaran berbasis teknologi, siswa termotivasi menemukan sumber belajar dan orang tua/masyarakat semakin terpacu membantu pengembangan pendidikan berkualitad di sekolah

Selain melauncing Pengembangan  Pendikan Berbasiis IT, direncanakan 29 November 2018 mendatang, Gubernur Maluku Said Assagaff melaunching sekolah music.

“Tanggal 29 nopemvber di HUT KOPRI setelah upacara dilapangan saya merencanakan launching sekolah music,”ujar Gubernur kepada wartawan usai melaunching Pengembangan Pendidikan Berbasis IT, yang berlangsung di SMK Negeri 7 Ambon.

Untuk tenaga penggajar, kata Assagaff sudah disiapkan begitu juga peralatan music.

“Untuk tenaga penggajar sudah siap, begitu juga dengan peralatan music yang akan tiba pada tanggal 29, baik itu gitar, piano dan peralatan music lainnya,”ucapnya.

Kata Assagaff, untuk lokasi sekolah music, berada di gedung PT Telkom Ambon. Dirinya berharap, dengan didirikannya sekolah music akan mendukung Ambon sebagai Kota Musik. (CNI-01)

Exit mobile version