Gugus Tugas Luncurkan covid19.go.id, Website Resmi Penanggulangan Virus Corona

Kesehatan

Jakarta,CakraNEWS.ID- Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 meluncurkan portal www.covid19.go.id sebagai sumber informasi resmi penanggulangan virus corona. Situs tersebut dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan COVID-19. Tim terdiri dari berbagai elemen yaitu pemerintah, badan PBB (UNICEF, WHO), mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil, dan dunia usaha.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo, mengatakan situs tersebut bertujuan untuk memastikan publik mendapatkan akses pada informasi resmi dan akurat mengenai penanggulangan virus corona. Apalagi di masyarakat makin banyak berkembang informasi yang tak akurat.

“Kami menyadari masyarakat butuh akses pada informasi akurat, cepat dan terpercaya. Untuk itulah mengapa situs www.covid19.go.id ini dibuat agar bisa menjadi sumber informasi resmi satu pintu,” kata Doni dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, pada Rabu (18/3/2020).

Mantan Pangdam XVI/Pattimura itu menuturkan, situs tersebut memuat tiga langkah penting yang dapat dilakukan masyarakat, yaitu Cara Mengurangi Risiko Penularan, Cari Informasi yang Benar, dan Apa yang Perlu Dilakukan Bila Sakit.

Doni menuturkan, data statistik mengenai jumlah kasus positif virus corona juga diperbarui secara realtime dan diharapkan dapat menjadi acuan berbagai pihak. Selain itu, ada pula Hoaks Buster yang bisa digunakan sebagai acuan apakah informasi yang beredar mengenai virus corona adalah informasi yang valid atau tidak.

“Kami berkomitmen memberikan informasi yang akurat dan bertanggung jawab kepada masyarakat. Pengetahuan dan perilaku yang benar adalah elemen penting untuk melawan penyebaran penyakit ini,” tuturnya.

Doni menegaskan upaya menanggulangi virus corona harus dikerjakan bersama-sama. Masyarakat juga diminta untuk disiplin dalam menerapkan hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah.

“Di antaranya menjaga jarak aman dengan bekerja, beribadah, belajar dari rumah serta selalu melakukan praktik kebersihan dasar khususnya cuci tangan menggunakan sabun,” pungkasnya. (CNI/TBN Polri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *