Hacker China Bobol 10 Kementerian-Lembaga, Polri Koordinasi ke Kominfo

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Polri dan instansi terkait lainnya didesak untuk menindaklanjuti dugaan pembobolan data terhadap 10 kementerian dan lembaga oleh hacker China. Polri menyebut pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan Kominfo.

“Dikoordinasikan ke kementerian tersebut,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, dalam keterangan kepada wartawan, Senin (13/9/2021).

Kadiv Humas mengatakan, kepolisian belum memulai penyelidikan terhadap dugaan pembobolan ini. Irjen. Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, mengungkapkan Polri baru melaksanakan koordinasi.

Sebagai informasi, kelompok hacker China yang menamakan Mustang Panda diduga membobol setidaknya 10 kementerian dan lembaga di Indonesia.

Hal ini berdasarkan hasil ekspose dari The Record berdasarkan laporan dari Insikt Group.

Penembusan oleh hacker China ini diduga sudah terjadi sejak bulan Maret 2021. Titik masuk dan metode malware mereka masih belum jelas.
Insikt Group disebutkan sudah memberi tahu pemerintah Indonesia pada Juni dan Juli 2021. Namun menurut mereka, pihak pemerintah Indonesia saat itu belum memberikan tanggapan. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *