Hadiri Panen Raya, Kapolda Maluku Apresiasi Pembentukan Kampung Tangguh Nusantara Oleh Polresta P.Ambon dan Pp.Lease

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Peningkatkan pangan lokal di masyarakat dalam mengatasi dampak sosial akibat penularan wabah Covid-19, dilakukan Kepolisian Resor Kota Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease dengan membentuk kampung tangguh nusantara.

Pembentukan kampung tangguh nusantara, yang ada di Kota Ambon tersebut, ditujukan kepada masyarakat Dusun Taeno Bawah, Desa Rumahtiga, Kecamatan Teluk Ambon.

Sebagai kampung tangguh nusantara, yang menjadi binaan Polresta P.Ambon dan Pp.Lease, lokasi alam dusun Taeno Bawah digarap oleh masyarakat setempat sebagai lahan pertanian untuk pangan lokal yang nanti dipasok sebagai kebutuhan pokok masyarakat Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Pembinaan masyarakat Dusun Taeno Bawah, oleh Polresta P.Ambon dan Pp.Lease, menjadi kampung tangguh nusantara, sebagai bukti nyata keseriusan Polri dalam membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, lewat peningkatan ketahanan pangan serta upaya bersama dalam memerangi dan memutus mata rantai Covid-19.

Keberhasilan Polresta P.Ambon dan Pp.Lease dalam membina masyarakat Dusun Taeno Bawah sebagai Kampung Tangguh Nusantara, mendapat apresiasi dari Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharudin Djafar, serta Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Selaku Kapolda Maluku, Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi upaya Polresta P.Ambon dan Pp.Lease, serta warga masyarakat Dusun Taeno Bawah, Desa Rumah Tiga, yang telah bersama-sama mewujudkan kemandirian terutama dalam hal ketahanan pangan,”ungkap Kapolda Maluku, dalam sambutannya saat menghadiri panen raya kampung tangguh nusantara, di Dusun Taeno Bawah, Kamis (9/7/2020).

Ia berharap, semoga kegiatan-kegiatan pembinaan masyarakat di Kota Ambon, untuk menjadi kampung tangguh nusantara, terus dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan demi terwujudnya masyarakat produktif wujudkan ketahanan pangan.

“Kota Ambon saat ini sementara diberlakukan PSBB, dimana ada pembatasan pada kegiatan tertentu masyarakat guna menekan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. Hal ini tentu saja akan berdampak pada sulitnya pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga khususnya bahan kebutuhan pokok. Meski demikian, saya sangat yakin dan menaruh harapan yang besar pada Kampung Tangguh Nusantara, Dusun Taeno Bawah, Desa Rumah Tiga, karena telah berupaya sendiri untuk memenuhi kebutuhan pokoknya,”ucap Kapoda Maluku.

Jenderal Polri berpangkat bintang dua emas dipundaknya itu, menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasi menjaga kebersihan dan menaati protokol kesehatan dalam mengatasi penularan wabah Covid-19.

“Dalam menghadapi wabah covid-19, saya juga tak bosan-bosannya mengingatkan kepada kita semua untuk senantiasa Menjaga kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan. Gunakan masker dan hindari kerumunan dan jaga jarak (physical distancing), serta berolah raga secara teratur, istirahat yang cukup dan cukupi asupan gizi untuk lebih meningkatkan imunitas tubuh,” Himbau Kapolda.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu menuturkan, selain itu semua ada hal yang paling penting dan tidak boleh diabaikan yaitu, selalu berdoa, memohon petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT, serta selalu meningkatkan kwalitas iman kita lewat kegiatan-kegiatan ibadah.

“Saya mengharapkan dukungan dan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat, agar dapat bersama-sama masyarakat, aparat TNI-Polri dan pemerintah, berjuang untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, dengan patuh dan taat terhadap peraturan pemerintah serta senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang ada, demi kebaikan kita bersama,” harap Kapolda Maluku.

Untuk diketahui, Kampung Tangguh Nusantara, Dusun Taeno Bawah, Desa Rumah Tiga, yang merupakan kampung binaan dari Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, adalah bukti nyata keseriusan Polri dalam membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, lewat peningkatan ketahanan pangan serta upaya bersama dalam memerangi dan memutus mata rantai Covid-19.

Sementara, Profil Kampung Tangguh Nusantara, Dusun Taeno Bawah berjumlah 214 KK, sementara luas areal pertanian : ± 25 hektar dengan fasiltas kesehatan dan pendidikan yang tersedia berupa, posyandu, Sekolah Dasar serta memiliki gabungan kelompok tani (Gapoktan)  dengan nama  “Mekar” yang menjadi salah satu Gapotan teladan di Kota Ambon.

Selain launching kampung tangguh nusantara, di Dusun Taeno Bawah, dilaksanakan juga panen sayur terong dan penanaman bibit jagung.

Ada juga varietas tanaman pertanian yang telah ditanam sebelumnya pada 8 (delapan) spot di areal seluas 6 (enam) hektar antara lain, ubi kayu, pisang, terong, cabe, tomat, ketimun, pare dan nenas. Hasil bumi ini akan sangat membantu meringankan beban masyarakat terutama dalam pemenuhan bahan kebutuhan pokok di masa pandemi covid-19. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *