Site icon Cakra News

Hari Posyandu Nasional dan Sejarahnya

Ambon, CakraNEWS.ID– Tanggal 29 April setiap tahunnya terdapat peringatan Hari Posyandu Nasional.

Posyandu merupakan singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu. Tujuannya untuk memberikan pelayanan kesehatan dan memantau tumbuh kembang anak secara terpadu di tingkat masyarakat.

SEJARAH HARI POSYANDU NASIONAL

Adanya Hari Posyandu Nasional tidak terlepas dari bagaimana awal mula hadirnya Posyandu di Indonesia. Oleh karena itu tanggal 29 April yang dipilih sebagai Hari Posyandu Nasional yang bertepatan dengan tanggal berdirinya Posyandu di Indonesia.

Posyandu melibatkan peran serta masyarakat dalam mencapai pelayanan kesehatan yang lebih baik di lingkungan sekitarnya.

Melansir dari buku Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, latar belakang adanya Posyandu yakni ketika Departemen Kesehatan pada tahun 1975 menetapkan kebijakan Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD).

PMKD menjadi bagian dari strategi pembangunan kesehatan yang menerapkan prinsip gotong royong dan swadaya masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat dapat menolong dirinya sendiri melalui pengenalan dan penyelesaian masalah kesehatan yang dilakukan bersama petugas kesehatan.

Kegiatan PKMD pertama kali diperkenalkan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lalu pada tahun 1984 dikeluarkanlah Instruksi Bersama antara Menteri Kesehatan, Kepala BKKBN dan Menteri Dalam Negeri, yang mengintegrasikan berbagai kegiatan yang ada di masyarakat ke dalam satu wadah yang disebut dengan nama Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU).

Konsep Posyandu kala itu mengikuti konsep Growth Monitoring, Oral Rehydration, Breast Feeding, lmunization, Female Education, Family Planning, dan Food Suplementation atau GOBI – 3F yang kemudian dirangkum dalam konsep KIA, KB, lmunisasi, Gizi dan penanggulangan diare. Lantaran program Posyandu terbukti berhasil meningkatkan kesehatan ibu dan anak di beberapa daerah akhirnya program itu diperluas ke seluruh wilayah Indonesia.

Pada 29 April 1985 kemudian Posyandu diresmikan pembentukannya oleh Presiden Soeharto. Tanggal tersebut lah yang diperingati sebagai Hari Posyandu Nasional setiap tahunnya.

TUJUAN DAN MANFAAT POSYANDU DI INDONESIA

Tujuan dan Manfaat Posyandu di Indonesia Salah satu tujuan utama Posyandu yakni bisa meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya ibu dan anak serta dapat menurunkan angka stunting di Indonesia. Ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan oleh masyarakat dan kader. Berikut ini sejumlah manfaat Posyandu:

BAGI MASYARAKAT

BAGI KADER

Ketua TP-PKK Kabupaten Seram Bagian Timur mengucapkan, Selamat Hari Posyandu Nasional 2024.***

Exit mobile version