Himapia, Paguyuban Desa Iha-Kulur Rayakan Sumpah Pemuda 2020 Angkat Tema Lingkungan

News Pendidikan

Piru, CakraNEWS.ID– Pemuda-pemudi negeri Iha-Kulur, Kecamatan Huamual kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang tergabung dalam organisasi paguyuban Himpunan Mahasiswa Iha-Ulupia (Himapia) merayakan Hari Sumpah Pemuda.

Hal ini sebagaimana laporan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serma D.H Putuhena melalui pesan WhatsApp yang diterima media ini, Rabu (28/10).

“Secara umum perayaan sumpah pemuda tahun 2020 oleh Himapia ini mengangkat tema lingkungan dengan aksi bersih-bersih pantai,” ungkap Putuhena.

Selain bersih-bersih pantai, Himpia juga secara tegas menyatakan diri menolak perdaran Minuman Keras (Miras).

Hal ini kata Putuhena, ditunjukan dengan adanya pemusnahan secara masal minuman keras tradisional jenis sopi bersama pemerintah desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Selain bersih-bersih pantai, Himpia bersama Babinsa (saya sendiri) bhabinkamtibmas desa iha kulur Brigpol Maulana Latupono, anggota BKO satgas PAM Rahwan Yonif raider khusus 732/banau serta stap desa Iha Bapak Hasan kaisupi memusnahkan miras berupa sopi sebayak 25 liter,” akuinya.

Sopi tersebut lanjut Babinsa sebelumnya disitia pihaknya dari tangan masyarakat.

Perihal kegiatan tersebut, salah satu warga Negeri Iha, Aly Achmad Selan memberikan apresiasi positif terhadap aksi terhadap yang dilakukan pemuda berlatar belakang mahasiswa tersebut.

Dirinya berharap, semangat yang tertuang dalam gerakan tidak sampai kendor. Terlebih kepada pemerintah desa untuk memperhatikan serta merawat semangat pemuda dalam kekaryaan dan pengabdian untuk masyarakat negeri Iha.

“Beri para pemuda itu ruang. Suport/dukung sepenuhnya gerakan positif. Toh hasilnya tidak kemana. Kita semua yang nanti menikmatinya,” pungkasnya.***cni-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *