Ikut Business Matching Tahap IV Di Bali, Polda Maluku Tampilkan Pangan Lokal Asal Maluku

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID-  Pangan lokal asal Maluku, yang menjadi produk unggulan usaha mikro kecil menengah (UMKM)  di tampilkan Kepolisian Daerah Maluku, pada kegiatan Business Matching Tahap IV yang dihelat di Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis, (6/10/2022).

Produk unggulan UMKM dari Maluku seperti minyak kayu putih, jus pala, kue kenari, dan makan yang terbuat dari bahan sagu, serta produk lainnya, di tampilkan  Polda Maluku di stand pameran Business Matching Tahap IV yang akan dilaksanakan selama dua hari hingga Jumat (7/10/2022) besok,

Kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, mengusung tema “Percepatan realisasi belanja produk dalam negeri oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan BUMN.”

Kegiatan yang dilaksanakan itu dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Turut hadir Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, serta Perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan forum sharing yang mempertemukan Pemerintah Daerah dengan produsen barang dalam negeri. Ini dimaksudkan agar Pemerintah Daerah membelanjakan barang-barang produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan daerah.

Ia mengaku Business Matching tidak akan berhenti di Bali. Kegiatan ini merupakan awal komitmen, dimana seluruh Kementrian/Lembaga, BUMN dan Pemda sudah menandatangani komitmennya untuk belanja produk dalam negeri.

Menko Marves mengajak seluruh daerah harus kompak dalam pelaksanaan program bangga buatan Indonesia tersebut.

“Ketika kita kompak, bersama dan bergandeng tangan, tentunya kita akan bisa mengatasi inflasi dan menghapus kemiskinan di negara ini. Ke depan seluruh teman-teman Gubernur dan Bupati/Walikota agar bisa melaksanakan belanja produk lokal melalui e-catalog,” pintanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku, Lotharia Latif, menyampaikan Polda Maluku juga mendukung penggunaan produk maupun komponen dalam negeri. Bahkan telah menerapkannya, diantaranya pengadaan semua seragam dan perlengkapan Polri menggunakan produk dalam negeri.

“Kita di Polda Maluku sangat mendukung dan sudah menerapkan produk dalam negeri. Kita harus bangga buatan dalam negeri,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Business Matching yang dihelat tersebut juga dirangkai dengan pameran produk-produk lokal UMKM dari berbagai daerah di Indonesia.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *