Ilmu Sosial Keagamaan IAKN Lepas Mahasiswa Magang di Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Ambon

Pendidikan

Ambon, CakraNEWS.ID– Pelepasan Mahasiswa Magang Prodi Pariwisata Budaya dan Agama Fakultas Ilmu Sosial Keagamaan Institute Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon digelar. Berpusat di kantor dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Ambon, pelepasan mahasiswa itu mengusung tema peningkatan kualitas diri sebagai insan pariwisata melalui implementasi keilmuan di dunia kerja, Senin (15/11/2021).

Ketua Panitia Ilona, Salhuteru, M.Pd dalam kegiatan itu mengakui, jumlah peserta magang yang ditempatkan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebanyak Empat orang.

“Peserta magang 4 orng mahasiswa semester 7 Waktu pelaksanaan selama 14 hari. Anggaran kegiatan bersumber dari dipa IAKN Ambon,” paparnya.

Kepada media, dirinya mengakui, kegiatan pelepasan diawali dngan pembekalan tepat hari Jum’at kemarin (12 November 2021). Selanjutnya pelepasan pada Senin dini hari dan akan ditarik lagi oleh Fakultas pada tanggal 29-30 November 2021.

Sementara dekan Fakultas Ilmu Sosial Keagamaan Feby, N. Patty, D.Th.,M.Th sesaat sebelum membuka agenda pelepasan pengabdian masyarakat, Empat Mahasiswa tersebut mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh jajaran pemerintah kota Ambon, wabil khusus kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan beserta jajarannya.

“Kegiatan magang sudah direncanakan sejak awal hanya karena covid19 sehingga terulur,” akui Patty.

Patty mengakui, magang yang digelar merupakan agenda perdana alias angkatan pertama atau “buah sulung.” Ditegaskan, pihak fakultas Ilmu Sosial dan Keagamaan IAKN benar-benar fokus pembinaan internal dan tidak sembarang sebelum diterjunkan.

“Karena kalian angkatan pertama. Dari seblumnya ada 8 orang, kemudian berkurang hingga bertahan sampai magang cuma 4 orng yang dinyatakan lulus akademik,” akui Patty.

Substansi magang kata dia, mahasiswa mengimplementasikan teori-teori yang diterima dari proses kuliah secara langsung ke dunia kerja. Selama ini hanya teori saja, namun kali ini turun magang untuk belajar secara langsung di lapangan.

Lanjut dijelaskan, konsentrasi pembangunan di Maluku berfokus pada bidang pariwisata. Karna itu pariwisata masih tetap dan selamanya akan menjadi bidang yang diberi perhatian sembari menghadapi tantangan yang ada.

“Momentum magang ini, kiranya mahasiswa bisa belajar banyak berbagai hal terkait pengelolaan, program-program. Belajar juga memgalisis tantangan di dunia pariwisata yg selanjutnya bisa menjadi fokus penelitian skripsi nanti. Jadi silahkan tunjukan potensi anda, jati diri anda, dan kualitas anda. Sebab kalian buah sulung yg punya potensi.”

Menutup sambutannya, Patty mengingatkan mahasiswanya untuk menjaga nama baik almamater. Disiplin kerja, tidak boleh terlambat selama proses magang berlangsung.

Hadir dalam kegiatan tersebut wakil rektor 1 Dr. Yance Z. Rumahuru, MA dan wakil Rektor 2 Dr. Weldemina Yudit Tiwery, D.Th.,M.Hum. Hadir pula, dosen prodi, keterwakilan pimpinan prodi se-Fakultas sosial dan keagamaan, PLT Kabag FISK, dan Mahasiswa. Peserta magang yang diterjunkan antar lain, Yandri Walakula, Fanesa Tuhumena, Marsilia Mussa dan Selvina Titiorin.* CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *