Jadi Khatib Jumat Di Masjid Al-Iqro SPN Polda Maluku, Kompol Akmil Djapa Ajak Awali Tahun 2023 Dengan Bersyukur

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Pembinaan rohani, melalui pendekatan keagaman kepada personil anggota Polri, intens dilakukan Kasubdit Patroli Airud Dit Polairud Polda Maluku, Kompol.H. Akmil Djapa. Pendekatan rohani keagamanan kepada personil Polri, dilakukan Kompol.H.Akmil Djapa, dengan menjadi Khatib Jumat, di Masjid Al-Iqro Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku, Jumat (13/1/2023).

Khatib Jumat di Masjid Al-Iqro SPN Polda Maluku, yang di sampaikan Kompol. H.Akmil Djapa kepada Jamaah shalat jumat yang terdiri dari siswa pelatihan fungsi tekhnis kepolisian dan personil SPN, dengan judul “ Optimisme Menjalani Kehidupan Di Tahun Baru”.

“Alhamdulillah kini kita berada di tahun 2023 itu artinya umur kita bertambah satu tahun dan jatah usia kita berkurang satu Tahun. Nabi Muhammad SAW mengingatkan kepada kita semua agar terus melakukan perubahan-perubahan menuju kebaikan agar menjadi orang-orang yang beruntung. Jangan sampai kita menjadi orang yang merugi apalagi sampai menjadi golongan orang yang celaka dengan tidak memperbaiki masa depan kearah yang lebih baik,”tutur Akmil.

Mantan Waka Polres Seram Bagian Barat itu mengatakan, sebagaimana sabda Rasulullah saw yang artinya : Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang beruntung, barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah tergolong orang yang merugi dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dialah tergolong orang yang celaka (HR AL HAKIM)

“Sudah selayaknya di tahun baru ini kita optimis menjalani kehidupan yang lebih baik dari tahun sebelumnya seperti doa yang selalu kita baca dalam Aquran surah Al baqarah,201 yang maknanya : Ya Allah Berikanlah kepada kami kebaikan di dunia,Berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka,” ujarnya.

Untuk meraih kebaikan sekaligus mengawali kehidupan di tahun 2023, kata Akmil, hendaknya diawali dengan membaca Basmallah dan mengucapkan Hamdalah ketika mendapat kenikmatan.

“Semua karunia dari Allah wajib kita syukuri. Saat ini kita sudah ditakdirkan oleh Allah SWT, menjadi anggota polri. Untuk itu marilah kita terus berbenah diri dan mensyukuri atas nikmat menjadi anggota Polri, karena masih banyak orang yang ingin menjadi anggota polri namun belum ditakdirkan oleh Allah SWT. Setiap tahun banyak yang mendaftar namun tidak semuanya terakomodir,”ucapnya.

“Sekarang jadikan tugas yang kita laksanakan dan niatkan sebagai ibadah. Jangan melakukan sesuatu dengan niat yang tercela, kewenangan yang dimiliki jangan jadikan masyarakat terdzolimi, namun laksanakan tupoksi kita melindungi mengayomi dan melayani masyarakat dengan ikhlas serta humanis insya Allah kebaikan akan kita peroleh bukan hanya di dunia namun di akhirat kelak juga akan kita tuai,”tambahnya.

Menurutnya, seorang muslim hendaknya optimis dalam menghadapi semua masalah dan pekerjaan, bersemangat dengan tidak lupa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara melaksanakan Perintah Allah swt dan meninggalkan yang dilarang oleh Allah swt.

“Segala perbuatan dan tindakan yang sebelumnya kurang baik, tahun ini saatnya untuk diperbaiki. Datangnya tahun tahun baru hendaknya menjadi ajang untuk menumbuhkan semangat baru. Hal itu dilakukan agar satu tahun kedepan tidak menjadi tahun yang memiliki nilai dan sejarah yang sama dengan tahun tahun sebelumnya. Dengan semangat baru kehidupan kita ditahun ini menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Aamiin ya rabbal alaamiin,”ucap Akmil mengakhiri khutba. CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *