Jelang KTT G20, Polri Siapkan Rencana Kontijensi

Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Polri telah menyiapkan rencana kontijensi untuk mengantisipasi dinamika di lapangan dalam acara KTT G20 di Bali. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, segala upaya dilakukan Polri agar kegiatan berskala internasional itu berjalan lancar dan sukses.

Hal itu disampaikan Sigit usai menggelar Tactical Floor Game (TFG) yang diikuti langsung oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Menteri Pertahanan dan Panglima TNI di GOR Kepaon Prajaraksaka Denpasar, Bali.

“Kita juga mempersiapkan yang namanya kontijensi plan, escape, apakah terkait dengan kesehatan, apakah terkait dengan peristiwa-peristiwa lain, itu juga semua dipersiapkan,” kata Sigit, Rabu (9/11/2022).

Polri sendiri dalam KTT G20 ini menerjunkan 9.700 personel, 3.699 pasukan cadangan di Mako Brimob dan 11 pasukan di Satbrimoda. Sejumlah personel kepolisian juga dikerahkan untuk berjaga di perbatasan Jawa Timur, maupun NTB saat KTT G20. Polisi juga dibantu dengan kamera pemantau atau CCTV yang dilengkapi dengan fitur pengenal wajah atau face recognition.

Sigit memastikan, jajarannya akan berkerja maksimal dalam pengamanan seluruh kegiatan KTT G20. Polri bersama pihaknya lainnya akan melakukan pengamanan mulai dari kedatangan pada delegasi hingga bergeser dari venue ke venue.

“Itu semua kan diatur waktunya. Jadi semua harus lancar, baik jalurnya, pengawalannya kemudian kondisi di masing-masing wilayah harus dipastikan maksimal,” ujar Sigit.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menambahkan, pihaknya telah menyiapkan pasukan cadangan di luar personel TNI yang melakukan pengamanan di lapangan. Hal ini untuk memastikan keamanan tetap berjalan ketika terjadi dinamika yang tidak diinginkan.

“Seandainya ada dinamika di luar, kami siapkan, kita pasti kerahkan,” imbuh Andika.

Sementara Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, mengapresiasi kesiapan TNI dan Polri dalam pengamanan event KTT G20 di Bali ini. Luhut menyebut menyebut TNI-Polri kompak, memahami medan lapangan dan siap menghadapi segala mungkin yang terjadi.

“Mereka semua (TNI-Polri) menunjukan kekompakan terintegrasi. Kemudian juga paham, kalau ada apa-apa. Dan ini juga saya kira ini memberikan pesan kepada siapapun bahwa TNI dan Polri itu siap menghadapi apapun,” tutur Luhut.

Apresiasi juga disampaikan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto. Menurut Prabowo, aparat keamanan harus mendapat penghargaan atas dedikasinya memastikan KTT G20 berjalan aman, lancar dan tanpa gangguan, sehingga Indonesia siap untuk menyambut tamu-tamu penting negara.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada TNI, Polri, BIN semua unsur yang luar biasa persiapannya. Ini kehormatan besar bagi bangsa kita. Seluruh rakyat saya harap ikut mengamankan,” pungkasnya.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *