Kakorlantas: Samsat Digital Permudah Masyarakat Bayar Pajak Ranmor

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi menyebut pelayanan Samsat berbasis digital memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. Namun, layanan tersebut memerlukan dukungan masyarakat.

“Jadi sistem pembayaran menggunakan digital kan sekarang sudah jadi bagian kita sehari-hari. Jadi, bagaimana bisa berjalan baik, cepat dan masyarakat juga lebih mudah, lebih simpel,” ujar Firman seusai acara Rakornas Pembina Samsat di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (9/12/2021).

Kendati begitu, Firman mengatakan layanaan tersebut memerlukan dukungan masyarakat. Dia berharap masyarakat tertib administrasi terkait kepemilikan surat-surat ranmor.

“Tapi aplikasi ini perlu dukungan yang sangat mendasar, yaitu tertibnya data ranmor dan data pengemudi, ini yang tadi kami sampaikan,” ucapnya.

Jenderal bintang dua ini menjelaskan, menerapkan layanan berbasis digital lantaran perkembangan era digital 4.0. Terlebih, masyarakat juga mengharapkan pelayanan pajak rammor berbasis online.

“Karena yang kita hadapi adalah kebutuhan masyarakat yang semakin naik. Karena nanti ke depan itu masyarakat menginginkan hal yang paling mudah, saya ambil hal yang paling gampang saja,” kata Firman.

Lebih lanjut, Firman mengatakan pihaknya bakal bekerja sama dengan dua intansi lainnya. Kedua instansi tersebut adalah Jasa Raharja dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

“Jadi pelayanan ini yang kita bangun bersama stakeholder yang ada. Tapi tentunya perlu kesiapan semua, perlu satu visi,” tutur dia. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *