Kapolda Kepri Beri, Pembekalan dan Pengarahan Personil Pengamanan TPS

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS,ID– Kesiapan pengawalan proses pencoblosan Pemilu dan Pileg 2019 pada H-7, dilakukan Polda Kepulauan Riau dengan melakukan pembekalan dan pengarahan kepada personil yang yang melaksanakan pengamanan TPS Operasi Mantab Brata Seligi 2018.

Kegiatan pelatihan personil Polda Kepri, yang berlangsung di gedung Lancang Kuning Mapolda Kepri, Kamis (11/4/2019),dihadiri secara langsung oleh Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto,S.IK yang didamping oleh Waka Polda Brigjen Pol, Drs Yan Fitri Halimansyah, Irwasda Polda Kepri,Kombes Pol Purwolelono, S.IK,MM. Dan turut dihadiri oleh Pejabat Utama (PJU) dan personil jajaran Polda Kepri.

Kapolda Kepri dalam arahanya mengatakan, untuk pengamanan jelang proses pencoblosan Pemilu dan Pileg pada Rabu (17/4/2019) tercatat jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di Kepri sebanyak 5.457 dan 20 TPS tambahan.

“Untuk proses pengamanan di setiap TPS, hal utama yang perlu di antisipasi adalah tingkat kerawanan saat proses pencoblosan dan proses perhitungan suara. Olehnya itu proses pengawalan dan pengamanan di setiap TPS saat proses pencoblosan Pilpres dan Pileg di Kepri,haruslah di jaga sebaik mungkin agar dapat memberikan situasi yang aman dan kondusif kepada masyarakat saat proses pencoblosan di TPS tanggal 17 April 2019,”tutur Kapolda.

Jenderal Polri berpangkat dua bintang emas itu mengatakan, sesuai dengan data indeks kerawanan Pemilu dari Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (BAWASLU RI) Provinsi Kepri berada pada urutan ke-29.

Hal ini tentunya perlu disikapi secara baik oleh jajaran Polda Kepri, bahwa dengan letak georgrafis wilayah Kepri yang dikelilingi laut dan berbatasan dengan 2 negara luar, Malaysia dan Singapura, namun mampu mengontrol dan menciptakan situasi Kamtibmas kepada masyarakat.

“Terkait dengan data indeks kerawanan Pemilu, Provinsi Kepri berada di nomor urutan ke-29. Selaku Kapolda Kepri, saya sangat mengharapkan kerja sama yang baik dari setiap personil Polda Kepri yang akan diterjukan untuk mengawal dan mengamankan tiap-tiap TPS. Mari kita ciptakan situasi Kamtibmas kepada masyarakat dalam menciptakan situasi Pemilu dan Pileg 2019 di Kepri yang aman dan kondusif,” Ucapnya.

Dikatakannya,sesuai dengan data yang diterima oleh Polda Kperi dari Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Kepri, tercatat untuk Pileg 2019 di wilayah Kepri, untuk data kursi di DPD RI berjumlah 4, DPR RI  berjumlah 4, DPRD Provinsi 45 kursi, dan DPRD Kabupaten/Kota berjumlah 240 kursi.

“Proses pengawalan dan pengamanan logistik, perosnil Polda Keperi akan berkerja sama dengan TNI, KPU dan Bawaslu Kepri. Dengan pola pengamanan perbantuan untuk mengantisipasi situasi kontijensi,”Pungkasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *