Kapolda Kepri, Sembelih Hewan Qurban Idul Adha 1440/Hijriah Dan Bagikan Kepada Masyarakat

Militer Polri

Kepri,CakraNEW.ID- Perayaan hari raya Idul Adha 1440/Hijriah, dilakukan oleh Kepolisian Daerah Kepulauan Riau dan jajaran Polres/ Polresta dengan melakukan penyembelihan puluhan hewan qurban, sapi dan kambing yang dibagikan kepada masyarakat.

Penyembelihan hewan quraban Idul Adha 1440/Hijria, dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budi Revianto,S.IK dan di hadiri oleh Waka Polda Kepri, Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Irwasda Polda Kepri, Kombes Pol Purwolelono,S.IK,MM bersama Para Pejabat Utama Polda Kepri,Pengurus Bhayangkari Daerah Kepri, bertempat di Gedung PPA Ditreskrimum Polda Kepri, Senin (12/8/2019).

Kapolda Kepri dalam sambutannya mengatakan, tema perayaan Idul Adha 1440/ Hijriah dari Mabes Polri “Dengan Nilai Ibadah Qurban, Kita Tanamkan Semangat dan Ketulusan Dalam Pengabdian Terhadap Masyarakat, Bangsa Dan Negara”. Dari tema Idul Adha 1440/Hijriah tahun 2019, bila diterjemahkan memiliki 3 aspek diantaranya.

  1. Aspek ketakwaan. Berbicara aspek ketakwaan, didalamnya berkaitan dengan seberapa jauh ketakwaan seseorang kepada Allah SWT, melalui perilaku dan perbuatan. Secara kasat mata ukuran ketakwaan bisa ditunjukan melalui kepedulian terhadap sesama.
  2. Aspek hubungan antar sesama manusia. Dalam prespektif Islam mengajarkan dua hal, Hablum Min Allah (Terhadap Allah Menjalankan Segala Perintahnya) dan Hablum Minnanas (Terhadap Sesama Manusia Kita Tunjukan Kepedulian dan Empati).
  3. Sebagai seorang anggota Polri dalam menjalankan tugasnya, dan pengabdian di ladangnya, adalah untuk menggali amal perbuatan baik tanpa pamrih.

“Mari kita implementasikan perayaan Idul Adha 1440/Hijriah sebagaimana tema ‘Dengan Nilai Ibadah Qurban, Kita Tanamkan Semangat dan Ketulusan Dalam Pengabdian Terhadap Masyarakat, Bangsa Dan Negara’. Implementasikan dengan baik, dengan berlandaskan pada ketakwaan, hubungan dengan Allah SWT dan hubungan dengan sesama manusia. Selaku Kapolda Kepri, saya berharap kedepan, ada peningkatan kualitas diri dari waktu ke waktu, dari hari ke hari dan dari tahun ke tahun,”tutur Jenderal Polri berpangkat dua bintang itu.

Selaku ketua panitia perayaan Idul Adha 1440/Hijria, Direktur Lalulintas Polda Kepri, Kombes Pol Roy Ardhiya Candra, dalam laporan pertanggung jawabannya mengatakan, jumlah hewan qurban yang disumbangkan oleh personel Polda Kepri baik yang berkurban di Mapolda Kepri maupun di satuan wilayah Polda Kepri, sebanyak 81 hewan qurban.

81 hewan qurban tersebut terdiri dari  25 ekor kambing dan 56 ekor sapi. Untuk jumlah hewan qurban yang disembelihkan pada perayaan hari raya Idul Adha 1440/Hijria, Mapolda Kepri sebanyak, 4 ekor sapi  dan 16 ekor kambing.

Sedangkan untuk hewan qurban dari jajaran Polres/Polresta yang ada satuan wilayah Polda Kepri, masing-masing: Polresta Barelang, dengan hwan qurban, 7 ekor sapi dan 4 ekor kambing, Polres Tanjungpinang,  5 ekor sapi dan  1 ekor kambing, Polres Karimun, 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing, Polres Bintan 3 ekor sapi, Polres Lingga, 3 ekor sapi, Polres Natuna 9 ekor sapi, Polres Anambas 5 ekor sapi.

Jumlah keseluruhan hewan qurban hari raya Idul Adha 1440/Hijria untuk Polres/Polresta jajaran sebanyak, 36 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Total keseluruhan hewan qurban pada perayaan Idul Adha 1440/Hijriah tahun 2019, oleh Polda Kepri beserta Polres/ Polresta jajaran, sebanyak 61 ekor sapi dan 25 ekor kambing.

“Hewan qurban pada perayaan Idul Adha 1440/Hijria 2019,Polda Kepri di distribuskan ke masjid dan musolah yang ada di seputaran Kota Batam.  Sedangkan untuk hewan qurban 4 ekor sapi yang disembelih di Mapolda Kapri di distribusikan dalam 376 kantong dan dibagikan kepada PNS dan CPNS, PHL, petugas OB dan Wartawan,” ungkap Dirlantas Polda Kepri. (CNI-01)

Berikut Video:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *