Kapolda Maluku Bekali 231 Siswa Diktuba Di SPN

Militer

Maluku,CakraNEWS.ID- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol, Refdi Andri memberikan pembekalan akhir kepada sebanyak 231 orang siswa yang mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri tahun ajaran 2020-2021 di SPN Polda Maluku, Passo, Kota Ambon, Jumat (25/6/2021).
Pembekalan akhir atau nasehat yang diberikan Kapolda Maluku, kepada ratusan calon anggota Polri tersebut, dilakukan untuk selanjutnya mereka akan dilantik pada Senin (28/6/2021) besok.
“Terima kasih banyak-banyak kepada Kepala SPN yang telah mendidik dan melatih para siswa Polda Maluku yang nantinya akan menjadi anggota Polri aktif,” kata Kapolda Refdi dalam arahannya.
Refdi menyampaikan, keberadaan ratusan siswa Bintara Polri di sini untuk dididik. Hal itu terjadi setelah sebelumnya mereka berhasil mengikuti berbagai seleksi untuk dapat masuk di lembaga pendidikan Kepolisian ini.

“Mengapa anda bisa dididik di SPN ini karena anda dulu telah berhasil mengikuti seleksi. Dengan sekian lama anda mengikuti tes untuk dapat bisa masuk di lembaga pendidikan ini,” katanya.
Keberadaan para siswa di SPN, kata dia, juga tidak terlepas dari doa yang besar orang tua, keluarga maupun para tetangga.
“Kamu sekalian berhasil mengikuti seleksi dan berada di tempat ini,
yang sebentar nanti akan di lantik menjadi seorang anggota Polri,” terangnya.
Selama satu tahun berada di SPN, para siswa dilatih tentang komitmen, dan disiplin-disiplin. Sehingga diharapkan pelatihan yang didapat tersebut dapat dijalankan dan tidak pernah luntur.
“Apa yang anda dapat di lembaga ini adalah ilmu yang akan anda bawakan di tengah-tengah masyarakat nantinya,” katanya.
Para siswa Diktuba diharapkan nanti dapat menjalankan sumpah dan janji terhadap nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya.
“Pada saat dilaksanakan pelantikan, bahwa nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya adalah sudah tertanam di dalam jiwa dan raga rekan-rekan sekalian,” pintanya.
Selain itu, para siswa juga diharapkan dapat memahami kode etik dalam menjalankan tugas dan fungsi Kepolisian.
“Anda harus tau dan paham terpenting adalah tugas Kepolisian itu apa aja.
Anda-anda akan di tempatkan di mana saja, anda harus tau pimpinannya siapa, pejabatnya siapa saja struktur organisasinya,” harap Refdi.
Di sisi lain, jenderal bintang dua Polri ini juga meminta calon anggota Polri muda tersebut dapat mengenali seperti apa lingkungan dan masyarakat di tempat tugas nanti.
“Jauhi hal-hal yang tidak terpuji, yang nantinya akan dapat merugikan satuan dan keluarga anda-anda sekalian,” pesannya.
Ratusan siswa Diktuba Polda Maluku, juga diminta agar dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Polri mampu menunjukan dedikasi, kinerja, dan tekad yang baik untuk mengabdi kepada Kepolisian.

“Tunjukan dedikasi, kinerja, dan tekad yang baik untuk mengabdi kepada Kepolisian yang kita cintai ini. Karena tugas yang kita kerjakan adalah tugas yang sangat mulia di mata Tuhan Yang Maha Esa, dan masyarakat dan semua mitra kerja kita ke depannya,” pintanya.
Pada kesempatan itu, mantan Kakorlantas Polri ini juga berharap kepada para siswa kelak di tempatkan dalam tugas, agar dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.
“Rekan-rekan sekalian berhak untuk melanjutkan di jenjang perguruan tinggi, tetapi melalui tahapan-tahapan dan atas persetujuan pimpinan anda nanti,” sebutnya.
Untuk diketahui, dalam kegiatan pembelakalan akhir tersebut, turut hadir Irwasda Maluku Kombes Pol, Raden Heru Prakoso, Kepala SPN Kombes Pol Daniel Prio Dwi Atmoko, Direktur Narkoba Kombes Pol Cahyo Hutomo, Karo SDM Kombes Pol Muhamad Yusup dan Kasubid Propam Polda Maluku. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *