Kapolda Maluku Bersama Irwasda, Hadiri Rakorwas Kompolnas Dan Polri Secara Virtual

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Rapat koordinasi pengawasan (RAKORWAS) Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS) bersama Polri tahun 2021,  di hadiri secara langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol, Refdi Andri, yang di dampingi Irwasda Polda Maluku, dan Kasubbag Dumasanwas Itwasda Maluku, Senin (4/10/2021).

Rakor bersama Kompolnas yang dilakukan secara virtual, dipimpin oleh Kapolri melalui Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. Rapat itu mengusung tema “efektifitas pengawasan eksternal oleh Kompolnas guna menuju Polri Presisi dan untuk mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri.”

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Rum Ohoirat, mengungkapkan, berdasarkan pemaran ketua panitia, Kompolnas melaksanakan fungsi pengawasan fungsional terhadap kinerja Polri untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri. Ini sesuai Peraturan Presiden No. 17 Tahun 2011 tentang Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Pelaksanaan fungsi pengawasan fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui kegiatan pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan integritas anggota dan pejabat Polri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kompolnas membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Polri dan memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri.

Dalam menjalankan tugasnya, Kompolnas berwenang untuk mengumpulkan dan menganalisis data sebagai bahan pemberian saran kepada Presiden yang berkaitan dengan anggaran Kepolisian Negara Republik Indonesia, pengembangan sumber daya manusia Polri, dan pengembangan sarana dan prasarana Polri.

“Kompolnas juga memberikan saran dan pertimbangan lain kepada Presiden dalam upaya mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri, menerima saran dan keluhan dari masyarakat mengenai kinerja kepolisian dan menyampaikannya kepada Presiden,” ungkapnya.

Rum mengaku setelah ini dilaksanakan kegiatan Rakorwas (Rapat Koordinasi Pengawasan) secara virtual. Rakorwas digelar untuk menindaklanjuti kesepakatan bersama antara Kompolnas dengan Polri tahun ini.

“Maksud dalam pelaksanaan Rakorwas Kompolnas Polri dalam meningkatkan kemitraan dan harmonisasi kerjasama antara Kompolnas dan pengemban fungsi Pengawasan internal Polri dalam rangka meningkatkan efektifitas pengawasan oleh kompolnas guna menuju Polri presisi dengan tujuan utama untuk mewujudkan polri yang Profesional,” tandasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *