Kapolda Maluku Harap Momentum Perayaan Natal Keluarga Besar Mapolda, Dorong Kualitas Kinerja Dan Pelaksanaan Tugas  

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Momentum perayaan Natal Kristus yang dilaksanakan oleh keluarga besar Kepolisian Daerah Maluku, menjadi momentum untuk lebih meningkatkan iman Kristiani.  Tentunya dibalik perayaan natal kristus tersebut diharapkan dapat mendorong kualitas kinerja sebagai insan Bhayangkara dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

Ungkapan tersebut, disampikan Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol, Lotharia Latif, dalam sabutan natal perayaan natal kristus keluarga besar Polda Maluku yang berlangsung di ruangan rapat utama, Mapolda Maluku, Jumat (7/1/2022).

“Laksanakan tugas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, selaras dengan tema Natal 2021 yakni “mengamalkan Kasih Persaudaraan Tulus Ikhlas Dalam Melaksanakan Tugas Menuju Polri yang Presisi (I Petrus 1:22)”,”ucap Lotharia.

Lotharia mengatakan, peringatan Natal bagi umat Kristiani juga merupakan salah satu agenda perayaan Hari Besar Keagamaan untuk Polda Maluku. Perayaan ini harus dilaksanakan. Namun karena padatnya kegiatan pengamanan dan penyelenggaraan Operasi Lilin Siwalima 2021, serta berbagai kesibukan tugas lainnya, sehingga baru terlaksana hari ini.

“Namun tidak mengurangi esensi dan nilai-nilai yang terkandung dalam perayaan Natal tahun ini. Kita patut bersyukur karena perayaan Natal tahun 2021 ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” jelasnya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini mengaku, seluruh umat Kristiani merayakan Natal dan melaksanakan ibadah di gereja-gereja dengan penuh khidmat, lancar, aman, tertib dan damai dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan covid-19. Begitu pula dengan perayaan pergantian tahun.

“Umat Kristiani dapat merayakan natal dengan penuh suka cita serta semua masyarakat dapat merayakan pergantian tahun dengan penuh suka ria, sekalipun dalam situasi pandemi covid-19, namun tetap berjalan dengan penuh suka cita,” jelasnya.

Kapolda menyebutkan, pada beberapa daerah, telah terlihat kedewasaan dalam kerukunan antar umat beragama. Di mana komunitas agama lainnya secara sukarela turut berpartisipasi dalam membantu kelancaran dan kekhidmatan saat ibadah perayaan Natal dan Tahun Baru.

Situasi dan kondisi seperti tersebut, lanjut dia, merupakan berkat, karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa, yang harus dipelihara, dan dijaga. Sehingga harapannya dari tahun ke tahun setiap pengamanan yang diselenggarakan Polri dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Kita menyadari bahwa bangsa kita adalah bangsa yang majemuk, terdiri dari suku, agama, etnis, bahasa dan budaya,” kata dia.

Lotharia menyampaikan, apresiasi atas pelaksanaan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, yang berlangsung kondusif, sehingga kini berkumpul bersama melaksanakan kegiatan perayaan Natal Keluarga Besar Polda Maluku, sekaligus syukuran pelaksanaan tugas selama Tahun 2021 dalam suasana yang penuh suka cita.

“Selaku pribadi dan atas nama Kapolda Maluku, pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengucapkan selamat hari Natal Tahun 2021 bagi seluruh personil Polda Maluku dan Polres jajaran yang ada di kewilayahan yang merayakan dan selamat Tahun Baru 2022 kepada seluruh personil Polda Maluku serta jajaran,” ucapnya.

Menurutnya, tidak ada cara lain untuk menghadapi kemajemukan itu, kecuali dengan membangun kebersamaan, saling menghormati, serta saling menghargai perbedaan masing-masing.

“Sebagaimana tema perayaan Natal saat ini. Ini agar kemajemukan bangsa dapat kita sikapi dengan penuh rasa syukur dan keragaman yang kita miliki harus kita terima sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” jelasnya.

Olehnya itu, mantan Kakorpolairud Baharkam Polri ini menekankan untuk tetap menjaga dan merawat nilai-nilai luhur Pancasila, maupun kearifan lokal Maluku. Sebab, kedua hal itu merupakan modal yang sangat besar bagi kemajuan bangsa Indonesia

“Jaga dan pelihara stabilitas kamtibmas yang aman, damai, dan kondusif di Provinsi Maluku,” pintanya.

Lotharia juga, mengajak semua pihak untuk terus memupuk semangat toleransi, saling menghormati perbedaan, tidak mudah terprovokasi, serta mengutamakan dialog dalam mengatasi permasalahan yang berpotensi mengganggu kerukunan hidup antar umat beragama.

“Tingkatkan kewaspadaan diri serta peka terhadap setiap perubahan dinamika situasi kamtibmas, dan tingkatkan terus sinergitas dan

Perayaan Natal Kristus tersebut dihadiri langsung oleh Kapolda Irjen Pol Lotharia Latif, Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes, dan para Pejabat Utama Polda Maluku, maupun Polres Jajaran.

Natal Kristus keluarga besar Polda Maluku tersebut juga dihadiri Pendeta J.M. Batkunde maupun seluruh personil Polda Maluku dan jajarannya. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *