Kapolda Maluku, Pimpin Apel Dan Silatuhrami Bersama ASN Kanwil Kemenag Provinsi Maluku

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar, memimpin langsung apel dan silaturahmi keluarga besar Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Provinsi Maluku, Selasa 21 Juli 2020.

Kegiatan yang berlangsung Kanwil Kemenag Maluku, turut  di hadiri sejumlah pejabat utama Polda Maluku diantaranya, Dir Intelkam Polda Maluku, Dir Pamobvit Polda Maluku, Dir Binmas Polda Maluku dan Dansat Brimob Polda Maluku.

Mengawali sambutanya, Kakawawil Kemenag Maluku H. Jamaludin Bugis mengatakan, hadir dalam apel dan silaturahmi bersama Bapak Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar adalah seluruh pejabat kepala bidang, kepala bagian, pejabat fungsional di jajaran Kanwil Kemenag Prov Maluku dan seluruh ASN.

Selain itu, kata H. Jamaludin Bugis, Aktifitas kemenag terkait covid-19. Dimana Rapat rutin internal Kanwil Kemenag dan mengikuti Rapat kordinasi bersama Pemda Provinsi Maluku.

“Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, Pemantauan pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah serta Edaran dan himbauan pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah dan Membuat juknis pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah,”ujarnya.

Selain sosialisasi, lanjutnya, pihaknya juga membuat juknis penanganan jenazah pasien covid-19 dan mengantisipasi penolakan dan penarikan terhadap jenazah pasien covid-19 di rumah sakit dan pemakaman.

“Dari semua itu untuk membangun dan memperbiki kehidupan beragama terlebih dahulu kita perbaiki di Kakanwil Kemenag,” Ujarnya.

Ditempat yang sama Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Baharudin Djafar, dalam sambutanya, mengatakan, Allah menciptakan manusia dari 2 unsur, ruh dan jasad.

Ruh diciptakan dari langit, makanannya dari langit yaitu iman, dan nantinya setelah meninggal ruh akan kembali ke langit. Jasad berasal dari tanah, makanan berasal dari tanah, dan nantinya akan kembali ke tanah.

“Pada saat ini kita terlalu banyak sibuk dengan jasad. Di kanwil agama ini ada kegiatan dengan nama Siraman Rohani,”kata Kapolda.

Lanjut dikatakan, Kapolda, bahwa yang paling penting dalam diri manusia ini adalah iman. Iman ini harus diusahakan tidak akan datang sendiri. Keimanan ini harus sampai ke rumah dan keluarga terutama isteri (perempuan).

“Untuk memperbaiki orang lain kita harus menerapkan ketauladanan, karena dengan ketauladanan akan dimulai dari diri sendiri dan berlanjut ke orang-orang disekeliling dan terus berlanjut lebih luas. Lebih lanjut untuk memperbaiki masyarakat berawal dari kita makmurkan tempat ibadah,” ungkap Kapolda.

Terkait covid-19, lanjut Kapolda, akhir-akhir ini banyak beredar informasi yang diragukan kebenarannya (hoax), tentunya dalam membaca berita dan informasi kita harus membaca sampai selesai dan dicerna dengan baik. Jangan sampai kita dengan mudahnya membagikan/share berita yang belum tentu kebenarannya.

“Kita di maluku ini harusnya bisa saling rangkul dan saling bahu membahu dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan,”ucap Kapolda.

Diakhir sambutannya, Kapolda menambahkan, kerjasama kita tidak hanya sebatas apel ini saja, kita harapkan kedepannya kita akan selalu bekerja sama dan saling berkordinasi.

“Diharapkan setiap anggota Polri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pemeliharaan kamtibmas, melindungi melayani dan melayani serta penegakan hukum, dapat menggunakan mata hati,”tutup Kapolda Irjen Pol Drs Baharudin Djafar. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *