Kapolda Maluku, Resmi Buka Pendidikan BA Polri TA.2020/2021 Di SPN Polda Maluku

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID-  Pendidikan pembentukan Bintara Polri T.A, 2020/2021, di Sekolah Pendidikan Polisi Negara (SPN) Polda Maluku, resmi di dibuka secara langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol, Baharudin Djafar.

Pendidikan pembentukan BA Polri, di SPN Polda Maluku, ditandai dengan penyiraman air kembang dan pengguntingan rambut calon siswa BA Polri Polda Maluku, yang dilakukan Kapolda Maluku bersama Waka Polda Maluku dan Kepala SPN Polda Maluku, pada Selasa (17/11/2020).

Upacara pembukaan pendidikan pembentukan BA Polridi SPN Polda Maluku, turut dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Maluku, Para Kabag Lat Rindam Kodam XVI/Pattimura, Rohaniawan, Tokoh Masyarakat Negeri Passo dan Tokoh Adat Negeri Passo.

Mengawali pembacaan amanat Kalemdiklat Polri, Kapolda Maluku menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia, KSPN Polda Maluku dan seluruh jajarannya yang telah menyiapkan sampai berlangsung dengan baik.

“Khusus bagi anak-anakku sekalian yang atas kemurahan dan atas kesediaan Kapolri, menambahkan biaya peserta didik yang pada saat terakhir tidak termasuk dalam kuota didik bisa ikut serta dalam mengikuti pendidikan Bintara Kepolisin kurang lebih 35 orang,”ujar Kapolda,”ujar Kapolda.

Lanjut dikatakan, Mengawali kegiatan ini mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT Tuhan yang maha besar karena karunia-Nya kita Masi di berikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir dalam upacara pembukaan pendidikan pembentukan Bintara polri tahun anggaran 2020-2021.

“Dalam momentum kebanggaan ini saya selaku kepada kepolisian Negara Republik Indonesia, mengucapkan selamat kepada 11.208.000 calon bhayangkara siswa yang terdiri dari 10.648.000 pria 560 wanita, yang dinyatakan lulus untuk mengikuti pembentukan pendidikan Bintara polri secara serentak di sekolah polisi wanita dan 31 SPN Polda jajaran,”ucap Kapolda.

Lebih jauh dikatakan, Keberhasilan ini tidak terlepas dari perjuangan saudara serta doa dan dukungan orang tua keluarga serta berkah dan karunia dari Allah SWT Tuhan yang maha esa.

“Oleh karena itu wujudkan rasa syukur dan komitmen untuk melakukan pendidikan dengan penuh semangat kesungguhan dan integritas,”Ujar Kapolda.

Masih, kata Kapolda, Kita ketahui bersama program pembentukan Bintara polri 2020-2021 ini dilaksankan dengan situasi Pandemi Covid-19 berkaitan dengan hal tersebut di perlukan penanganan kasus dan saksama dalam proses penyelenggaraan pendidikan.

“Efektivitas pendidikan harus memenuhi standar yang telah di tetapkan dengan menerapkan prinsip-prinsip yang sehat efektif dan berkualitas dan aspek kesehatan tetap menjadi prioritas utama untuk menjamin proses pendidikan berjalan dengan baik sehingga dapat membentuk manusia ikhlas unggul berbudi pekerti luhur,”Ujarnya.

Dengan jumlah mencapai 80% dari jumlah total anggota polri, Bintara polri menjadi etalase institusi di mata publik

“Bintara polri akan menjadi tukang punggung pelaksakasan tugas polri yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Oleh karena itu di harapkan dalam pendidikan ini dapat mencetak anggota polri yang siap kerja dan siap operasional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,”ucap Kapolda lagi.

Masih kata, Kapolda, Berkaitan dengan hal tersebut saya akan menyampaikan beberapa arahan kepada para Kapolda untuk di pedomani dalam penyelenggaraan pendidikan pembentukan Bintara polri ini.

“Pastikan pelaksakasan program dapat berlangsung dan efektif dan tetap mengikuti arahan dan berkoordinasi dengan lemdiklat Polri. Menjamin penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama masa pendidikan. Dan Memberikan dukung sara pra sarana pendidikan dan pelatihan untuk menjamin terselenggaranya proses operasional pendidikan berjalan dengan baik,”Pesan Kapolda.

Selain itu, memberikan arahan serta dukungan kepada para Ka SPN khususnya penugasan para tenaga kerja pendidik tida tetap dari pembina fungsi satuan wilayah yang telah di berikan pelatihan. Memberikan asistensi dan supervisi kepada Ka SPN untuk menjamin perjalanan proses pendidikan.

“Menyiapkan tim medis khusus dari bid Dokes Polda dan RS Bhayangkara Polda untuk membantu pengelolaan kesehatan para peserta didik dan melakukan tindakan medis terukur sesuai standar. Melakukan kegiatan tanggap segera apa bila terjadi situasi kontijensi dalam proses pendidikan,”ujarnya lagi

Ditambahkan, dalam kesempatan ini pula saya akan memberikan beberapa penekanan kepada para calon bhayangkara siswa untuk di pedomani dan dilaksanakan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha esa sebagai landasan berundak dalam pelaksanaan pendidikan maupun kehidupan sehari-hari.

“Tunjukan disiplin dan integritas selama mengikuti pendidikan, pahami seluruh materi pendidikan dengan baik guna mendukung pelaksanaan tugas,”ujar Kapolda.

Tak lupa Kapolda, berpesan, untuk dapat patuhi segala peraturan yang berlaku serta hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat merugikan kehormatan pribadi keluarga dan institusi serta jalin semangat kekeluargaan dengan seluruh peserta didik tenaga pendidik tenaga kependidikan sebagai bagian keluarga besar polri.

“Saya berterima kasih kepada Kalemdiklat Polri yang telah memberikan inovasi, pola, dan metode pendidikan dan pelatihan polri sehingga meski dalam situasi Cocid-19, namun tetap bisa berjalan dengan baik. Kepada Ka SPN, Ka Sepolwan Lemdiklat Polri agar melaksanakan program pendidikan dengan saksama yang telah di tetapkan,”tutup Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *