Kapolda Malulu Gelar Penghijaaun dan Lepas 9 Ekor Penyu di Kepulauan Tanimbar

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Pelestarian satwa laut yang dilindungi, di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dilakukan oleh Kepala Kepolian Daerah Maluku, Irjen Pol,Drs Royke Lumowa, bersama Ketua Bhayangkari Daerah Maluku, Ny, Swanly Lumowa dengan melepaskan 9 ekor penyu hasil tangkap Nelayan di pantai, Lumasebu, Kecamatan Kermomolin,Rabu (6/2/2019).

Penyu dilepas Kapolda dan Istrinya itu setelah diserahkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar bersama Ketua Tim Penggerak PKK kepada Ketua Bhayangkari Daerah Maluku.

“Penyu yang dilepas oleh Bapak Kapolda Maluku beserta rombongan didapat dari hasil tangkapan masyarakat Desa Matakus, Desa Wermatang dan Desa Olilit Raya,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat, Jumat (8/2/2019).

Menurutnya, nelayan maupun masyarakat Kepulauan Tanimbar memiliki kesadaran untuk melestarikan Penyu. Olehnya itu setiap penyu yang di dapat langsung diamankan dalam kondisi hidup kemudian diserahkan kepada Polres Maluku Tenggara Barat (MTB).

“Setelah pelepasan penyu, Pa Kapolda bersama rombongan menuju Danau Lorulun Kecamatan Wertamrian, Kepulauan Tanimbar,” ujarnya.

Kedatangan Kapolda bersama Ketua Bhayangkari di Danau Lorulun ini selain meninjau pembangunan tempat wisata juga sekaligus melakukan kegiatan penghijauan.

Kegiatan penghijauan dilakukan oleh Kapolda Maluku beserta  Pemkab Kepulauan Tanimbar dengan melakukan penanaman sebanyak 1.000 anakan pohon Torim ditanam di lokasi wisata tersebut.

“Penyerahan bibit pohon Torim secara simbolis diberikan dari Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar kepada Bapak Kapolda Maluku. Selanjutnya dilakukan penanaman,” katanya.

Sebelumnya, kedatangan Kapolda beserta rombongan sebagai bagian dari kunjungan kerja ini disambut meriah oleh masyarakat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *