Kapolri Cek Venue PON XX Papua : Pastikan Prokes Berjalan Ketat

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau secara langsung 3 Venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua guna memastikan even tersebut berjalan aman, tertib dan menerapkan Protokol Kesehatan. Hadir dalam kegiatan peninjauan tersebut Menpora RI Zainudin Amali, pejabat tinggi Mabes Polri, dan jajaran pejabat Papua.

Kapolri dalam kesempatannya mengatakan, tujuan peninjauannya ini guna memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan ketat agar pelaksanaan PON XX Papua bisa digelar dengan lancar.

“Kami melakukan peninjauan secara langsung mempunyai maksud dan tujuan untuk memastikan proses akselerasi vaksinasi di gerai vaksin TNI-Polri pada setiap venue agar terselenggara dengan baik,” kata Kapolri.

Dalam tiap kunjungannya ke venue itu, Kapolri juga memperhatikan secara detail pengamanan hingga penerapan protokol kesehatan, mulai dari jarak duduk penonton hingga memantau penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Untuk warga yang menonton pertandingan secara langsung, setelah mengakses aplikasi PeduliLindungi, mereka diberikan gelang yang memiliki Barcode, sebagai tanda bahwa sudah disuntik vaksin. Gelang itu harus dipakai selama berada di arena pertandingan.

“Khususnya para official dan penonton kami lihat mulai dari masuk, dilaksanakan pemeriksaan terkait thermal dan ada disinfektan. Bagi penonton wajib gunakan gelang sebagai tanda bahwa mereka sudah divaksin. Tentunya kemudian ada pos BNPB yang persiapkan masker manakala ada masyarakat yang tidak membawa masker,” ujar Kapolri.

Tak hanya itu, guna memastikan prokes berjalan dengan baik, Kapolri menyebut, penyelenggara juga selalu melakukan sosialisasi untuk terus melakukan prokes melalui pengumuman berisikan imbauan-imbauan yang disiarkan melalui pengeras suara.

“Saya lihat di dalam, kegiatan kita sudah ingatkan agar pesan terkait dengan penggunaan masker. Karena di dalam stadion diberikan tanda jaga jarak tentunya kita minta di announce tiap beberapa waktu mengingatkan masyarakat, penonton untuk tetap gunakan masker dan tetap jaga jarak,” ucap Kapolri.

Mantan Kabareskrim Polri ini menyatakan, imbauan terus menerus untuk menerapkan prokes akan dilakukan diseluruh venue olahraga. Harapannya agar PON berjalan maksimal tanpa adanya lonjakan kasus virus corona.

“Tentunya akan ada evaluasi sehingga pelaksanaan kedepan yang kami harapkan pertandingan berjalan aman dan lancar. Namun disatu sisi laju pertumbuhan Covid-19 betul-betul bisa kami kendalikan,” tutur Kapolri.

Kesempatan yang sama, Menpora Zainudin Amali meyakini bahwa, kerja keras TNI, Polri dan pihak terkait akan membuat penyelenggaran PON berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Kalau lihat sementara ini, saya optimis pembukaan besok lancar tidak ada kendala,” kata Zainudin Amali. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *