Kemenag SBB dan IAKN Ambon Gelar Penguatan Kapasitas Guru PAK

News Pendidikan

Piru, CakraNEWS.ID– Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Taslim Tuasikal membuka penguatan kapasitas guru Pendidikan Agama Kristen (PAK), Senin (30/08).

Penguatan kapasitas itu digelar atas kerjasama Institute Agama Kresten Negeri (IAKN) Ambon dalam agenda pengabdian kepada masyarakat dengan tema Peningkatan Kualitas mengajar dan lengembangan karier Guru Pak di Era Industru 4.0

Kegiatan itu digelar untuk peningkatan mutu dan karier Guru Agama Kresten di Kabupaten bertajub Saka Mese Nusa.

Sasarannya, para dewan guru PAK se-Kecamatan Seram Barat, Kecamatan Taniwel dan Kecamatan Kairatu SBB. Baik tingkat SD, SMP maupun SMA.

Kepala Kantor Kementrian Agama SBB Taslim Tuasikal dalam sambutannya mengakui, dalam kondisi pandemi bisa saja membuat semua proses belajar menjadi berubah di mana yang tadinya belajar di sekolah di alihkan ke rumah dengan sistim belajar rolling maupun Daring dan mungkin saja jam belajar itu tidak efektif lagi.

“Tetapi dengan kondisi ini kiranya jangan membuat kualitas dan kompotensi dari guru itu berkurang atau berjalan di tempat, tetapi dalam kondisi ini harus memajukan motivasi Guru untuk tetap mengembangkan kareier demi terwujudnya mutu guru yang berkualitas,” ungkapnya.

Hal itu tentunya, kalau guru berkualitas maka anak didik pun berkualitas.

“Oleh kerena itu kegiatan ini sangatlah penting dan strategis sesuai sitausi di lapangan,” ungkap dia.

Ia berharap, apa yang disajikan oleh pemateri dalam hal ini akademisi dari IAKN dapat dengan saksama diterima peserta. Karena mereka (akadmisi dan peniliti pendidikan) ini berasal dari Perguruan tinggj yang memiliki Akreditasi B. Sehinga mutu dan progres para guru PAK makin berkualitas.

Taslim kesempatan itu juga menyampaikan terimakasih kepada IAKN Ambon yang telah melakukan kerja sama dengan Kemenag SBB dan Seksi Bimas Kresten Kabupaten SBB.

“Semoga kerja sama ini akan berlanjut terus bukan saja kepada guru tetapi penyuluh Agama Kresten Non PNS yang tersebar di 11 Kecamatan yang di SBB,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tim akademisi dari IAKN dalam pendampingan materi peningkatan mutu guru PAK diantaranya Dr. Yance Z Ramhuru selaku ketua tim dan beranggotakan 10 orang akademisi dan peniliti diantaranya Dr. Johanna S Talapun, Dr. A Siayaha, Andris Noya, Ajuan Tuhuteru, Jenri Ambarita, Ira Ririhena, Vera Talimbung, Priskila Lakollo, dan Prilly Manuputty.*** CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *