Site icon Cakra News

Kepala BNPB Doni Monardo, Serahkan Bantuan 500 Juta Penanganan Erupsi Gunung Semeru Di Lumajang Jatim

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, memberikan bantuan senilai 500 juta untuk penanganan erupsi dan aktivitas Gunung Semeru Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,. Bantuan tunai tersebut, diserahkan langsung oleh Doni Monardo, saat meninjau langsung penanganan erupsi Gunung Semeru, pada Kamis (3/12/2020).

Tiba di Lumajang setelah menempuh perjalanan dari Surabaya, Doni beserta rombongan langsung menuju Pos Pantau Gunung Sawur untuk melihat perkembangan aktivitas Gunung Semeru dari hasil monitoring yang dilakukan oleh tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gunungapi (PVMBG).

Usai mendapat penjelasan dan data dari Pos Pantau, Kepala BNPB yang juga didampingi oleh Anggota Komisi VIII DPR M. Ali Taher, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq bergegas meninjau Curah Koboan untuk meninjau kondisi wilayah yang terdampak guguran lahar panas dari aktivitas Gunung Semeru.

Dalam kesempatan tersebut, Doni juga sekaligus ingin memastikan bahwa pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat dapat dilakukan secara maksimal. Mengingat bahwa yang sedang dihadapi tidak hanya bencana alam saja, akan tetapi juga bencana non alam berupa pandemi COVID-19.

Selain itu, BNPB juga memberikan dukungan lain untuk penanganan pengungsi berupa 3 unit tenda pengungsi, 1 unit flexibel tank, 5.000 swab tes antigen, 500 paket perlengkapan bayi, 1.200 tambahan gizi, 1.200 paket lauk pauk, 1.200 makanan siap saji, 4.000 masker kain, 950 matras, 1.480 selimut dan 12 unit lampu air garam. (CNI-01)

Exit mobile version