Kepala Sekretariat Kompolnas RI, Pantau Langsung Rikes Seleksi CA Kompolnas RI Periode 2020-2024

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi 24 Calon Anggota Kompolnas RI,periode 2020-2024, dipantau langsung oleh Kepala Sekretariat Kompolnas RI, Brigjen Pol, Purwolelono, S.IK,MM.

Pelaksanaan rikes yang dijalani 24 CA Kompolnas di Klinik Tribrata, Jln Wijaya IX,nomor 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, berlangsung selama 2 hari, dimulai pada Rabu (17/6/2020) hingga Kamis (18/6/2020).

Sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan, para peserta seleksi CA Kompolnas RI yang tiba di Poliklinik Tribrata, di arahkan oleh Panitia Seleksi untuk mengisi Absen dan kemudian diarahkan ke ruangan-ruangan pemeriksaan yang sudah di tempati oleh tim dokter ahli.

24 CA Kompolnas RI yang menjalani pemeriksaan kesehatan di bagi  menjadi 2 tim yaitu tim A dengan 12 peserta dan tim B dengan 12 peserta.

Dengan rincian pelaksanaan rikes diantaranya, pengisian formulir riwayat penyakit dan informed conset, auoto anamnesis,pemeriksaan fisik pria dan wanita, pemeriksaan foto toraks,pemeriksaan Treadmill tes,pemeriksaan USG Abdomen,pemeriksaan kesehatan jiwa, pemeriksaan laboratorium (urine lengkap,darah rutin,kimia darah) dan pemeriksaan laboratorium tambah meliputi, narkotika dan obat-obatan,imuno serologis (HBs Ag,anti HIV dan VDRL), uji kehamilan untuk calon wanita.

“Pada prinsipnya, untuk pelaksanaan rikes yang dijalani 24 CA Kompolnas RI, mengedepankan sistim bersih, transparan, akuntabel, humanis. Pemeriksaan kesehatan bagi 24 CA Kompolnas, juga diawasi oleh pengawas internal,pengawas eksternal non medis dan konsultan pengawas eksternal medis Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat,”ungkap Kepala Sekretariat Kompolnas RI, kepada Wartawan, Jumat (19/6/2020).

Disisi lain, Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Brigjen Pol DR, dr Rusdianto,MM,M.Si,DFM,melalui Kabid Kesmapta Poliklinik Tribrata, Kombes Pol, Dr,Didiet, SP.THT-KL,DFM, kepada wartawan dirungan kerjanya, Kamis (18/6.2020) menjelaskan, tahapan pemeriksaan kesehatan yang berlangsung pada Rabu (17/6/2020) berupa pengambilan sampel darah dan urine kepada peserta seleksi CA Kompolnas dari tim A dan B, di lantai 2 klinik spesialis Tribrata. Khusus peserta di tim A akan menjalani wawancara kejiwaan di lantai 3. Sedangkan peserta dari tim B, menjalani rikes treadmill, rongen,toraks dan USG Abdomen lantai 1 klinik Tribrata.

““Untuk rikes pemeriksaan kesehatan untuk tim B, berupa pemeriksaan gigi dan mulut,pemeriksaan mata, pemeriksaan fisik umum (THT, Komposisi Tubuh, Tensi dan Nadi),”tutur Kabid Kesmapta Poliklinik Tribrata.

Perwira berpangkat tiga melati itu menuturkan, untuk pelaksanaan rikes lanjutkan pada Kamis (18/6/2020), berupa pemeriksaan kesehatan jiwa,cek validasi serta pengulangan, yang dijalani oleh peserta dari tim B, bertempat di lantai 3 rupat klinik spesialis Tribrata. Sedangkan untuk peserta dari tim A akan menjalani rikes fisik berupa treadmill,rongen toraks dan USG Abdomen, bertempat di lantai 1 klinik spesialis Tribrata.

Pelaksanaan pemeriskaan, tahap ke-3, yang di ikuti oleh 24 peserta Calon Anggota Kompolnas RI, dari unsur Pakar Kepolisian dan Tokoh Masyarakat.

Dari unsur Pakar Kepolisian

  1. Dr. Albertus Wahyurudhanto, MSi
  2. Drs. Arief Wicaksono Sudi Utomo
  3. Drs. Basuki, MM
  4. Dr. Benny Jozua Mamoto, SH
  5. Drs. Didik Tatok Prijandono
  6. Drs. Eko Hadi Sutendjo, SH, MSi
  7. Dr. Genoveva Ambar Wulan T, M.Hum
  8. Dr. Ilham Prisgunanto, SS, MSi
  9. Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM
  10. Dr. Rachmat Setiawan, SH, MH
  11. Dr. Supardi Hamid, MSi
  12. Dr. Sutrisno, MSi

Dari unsur Tokoh Masyarakat:

  1. Dr. Drs. Edi Saputra Hasibuan, SH, MH
  2. Dr. Emrus, MS
  3. Dr. Hamidah Abdurrachman, SH, MH
  4. Junaedi Saibi, SH, MSI, LLM
  5. Mohammad Dawam, SHI, MH
  6. Muhammad Khoirul Anwar, S.Sos, MSi
  7. Poengky Indarti, SH, LLM
  8. Dr. Ranthy Pancasasti, S.Kom, MM, MSi
  9. Sri Nurherawati, SH
  10. Dr. Syamsuddin Radjab, SH, MH
  11. Yosep Adi Prasetyo
  12. Yusuf, S.Ag, MH. (FER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *